11 Cara Screenshot di Laptop dan PCScreenshot atau tangkapan layar adalah salah satu fitur yang sangat berguna di komputer atau laptop. Ada berbagai alasan mengapa seseorang membutuhkan screenshot, mulai dari membagikan pesan atau informasi penting di layar hingga menyimpan bukti pembayaran atau transaksi online.

Namun, mungkin masih banyak orang yang belum tahu cara screenshot di laptop atau PC. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan 11 cara screenshot di laptop dan PC yang harus Anda ketahui.

11 Cara Screenshot di Laptop dan PC Mudah dan Praktis

Cara Screenshot di Laptop dan PC
Images: pikiran rakyat

1. Gunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

Cara paling mudah dan umum untuk melakukan screenshot di laptop atau PC adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan tombol F12 pada keyboard.

Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol Print Screen atau PrtScn di keyboard, lalu buka aplikasi seperti Microsoft Paint atau Microsoft Word dan tekan Ctrl + V untuk menempel gambar yang sudah discreenshot tadi.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Mudah Terbaru

Baca Juga:   Mudah Banget! Ini Dia Cara Download Video Instagram Paling Cepat

2. Gunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika Anda menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 8 atau yang lebih baru, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot layar. Setelah menekan tombol ini, gambar screenshot akan langsung disimpan ke folder “Gambar” di komputer Anda.

3. Gunakan Tombol Windows + Shift + S

Fitur ini hanya tersedia pada sistem operasi Windows 10. Jika Anda ingin mengambil screenshot bagian tertentu dari layar, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S. Setelah menekan tombol ini,

Anda dapat memilih area yang ingin discreenshot dengan menyeret kursor pada layar.

4. Gunakan Aplikasi Screenshot Bawaan dari Windows

Windows juga menyediakan aplikasi bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot.

Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Windows + G untuk membuka aplikasi Game Bar, lalu klik tombol kamera untuk mengambil screenshot.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi bawaan dari Windows, ada juga banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot.

Beberapa di antaranya adalah Lightshot, Snagit, Greenshot, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs resmi mereka dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga:   Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Blank Layar Hitam Terbaru

6. Gunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda ingin merekam video dari layar laptop atau PC Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar seperti OBS Studio, Bandicam, atau Camtasia.

Aplikasi ini tidak hanya dapat merekam video layar, tetapi juga dapat mengambil screenshot.

7. Gunakan Tombol Home + Power (Hanya untuk Laptop)

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi macOS, Anda dapat menggunakan tombol Home + Power untuk mengambil screenshot layar. Gambar screenshot akan otomatis disimpan di desktop Anda.

8. Gunakan Aplikasi Bawaan dari macOS

Sama seperti Windows, macOS juga menyediakan aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot.

Cukup tekan tombol Shift + Command + 5 untuk membuka aplikasi Screenshot, lalu pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk macOS

Selain aplikasi bawaan, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot di macOS, seperti Skitch, Snagit, dan Monosnap.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs resmi mereka dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

10. Gunakan Aplikasi Web

Ada juga aplikasi web yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot, seperti Lightshot atau Nimbus Screenshot. Anda hanya perlu membuka situs web tersebut dan mengikuti instruksi yang diberikan.

11. Gunakan Shortcut pada Aplikasi

Beberapa aplikasi seperti Microsoft Word atau Excel memiliki shortcut khusus untuk mengambil screenshot.

Misalnya, pada Microsoft Word, Anda dapat menggunakan shortcut Ctrl + Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot seluruh layar atau Ctrl + Shift + Print Screen untuk mengambil screenshot area tertentu.

Dalam kesimpulan, ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di laptop, PC, atau perangkat seluler Anda. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol atau aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pilihan terbaik tentu saja tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan Anda. Beberapa cara, seperti tombol Print Screen atau PrtScn, sangat sederhana dan mudah dilakukan, sedangkan yang lain, seperti aplikasi pihak ketiga atau Snipping Tool, menawarkan lebih banyak pilihan dan fitur.

Tinggalkan Komentar

Iklan