Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Mendeley – Mendeley adalah sebuah perangkat lunak manajemen referensi yang sangat berguna bagi mahasiswa, peneliti, dan profesional yang memerlukan referensi untuk menulis karya ilmiah. Salah satu fitur utama dari Mendeley adalah kemampuan untuk membuat kutipan dan daftar referensi otomatis, termasuk referensi yang melibatkan konsep turunan.

Dalam Mendeley, pengguna dapat menyimpan dan mengatur referensi dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan artikel online. Setelah referensi tersimpan, pengguna dapat membuat kutipan dengan mudah dan menambahkan ke dalam dokumen karya ilmiah mereka.

Mendeley juga menyediakan fitur untuk membuat daftar referensi secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu lagi menyusun daftar referensi secara manual. Fitur ini sangat berguna untuk memastikan bahwa daftar referensi sesuai dengan standar yang ditentukan oleh jurnal atau penerbit.

Ketika pengguna menyertakan referensi tentang konsep turunan, Mendeley akan secara otomatis mengenali referensi tersebut dan menampilkan informasi terkait seperti penulis, judul artikel, dan publikasi. Ini akan memudahkan pengguna dalam membuat kutipan dan daftar referensi yang akurat dan lengkap.

Baca Juga:   Cara Screenshot (SS) Hp Oppo Terbaru 2023, Mudah dan Lengkap!

Selain itu, Mendeley juga memiliki fitur untuk mengatur dan mencari referensi berdasarkan tag atau kategori tertentu. Jika pengguna telah menambahkan tag yang relevan dengan konsep turunan pada referensi mereka, maka mereka dapat dengan mudah menemukan referensi tersebut pada saat dibutuhkan.

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Aplikasi Mendeley

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Aplikasi Mendeley
Images : gustinerz.com

Daftar pustaka atau referensi adalah bagian penting dalam penulisan karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, maupun disertasi. Daftar pustaka berisi keterangan mengenai sumber informasi yang dijadikan acuan dalam penulisan.

Pembuatan daftar pustaka bisa dilakukan secara manual, namun dengan adanya aplikasi Mendeley, proses tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat secara otomatis.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Photomath Terbaru, Mudah dan Praktis

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan dan cara menggabungkan Mendeley dengan Microsoft Word:

Baca Juga:   Cara Lengkap Daftar Shopee Affiliate Terbaru

1. Unduh dan instal aplikasi Mendeley di komputer Anda dari situs web resmi.

2. Buka aplikasi Mendeley dan buat akun pengguna.

3. Tambahkan referensi dari berbagai sumber ke dalam Mendeley. Anda dapat menambahkan referensi dengan menyalin dan menempel dari situs web atau dengan mengimpor file referensi dari folder lokal di komputer Anda.

4. Setelah referensi ditambahkan, atur referensi ke dalam folder atau grup yang sesuai. Anda juga dapat menambahkan tag atau label tertentu untuk referensi agar lebih mudah ditemukan di kemudian hari.

5. Buka Microsoft Word dan buat dokumen karya ilmiah Anda. Pilih tab Mendeley di menu Microsoft Word dan klik pada tombol “Insert Citation”. Mendeley akan membuka jendela pencarian untuk memudahkan Anda menemukan referensi yang ingin dikutip.

6. Setelah referensi ditemukan, pilih referensi yang ingin dikutip dan klik “OK”. Mendeley akan memasukkan kutipan ke dalam dokumen Anda dengan format yang sesuai dengan gaya kutipan yang telah Anda pilih.

7. Untuk membuat daftar referensi otomatis, pilih tab Mendeley di menu Microsoft Word dan klik tombol “Insert Bibliography”. Mendeley akan menambahkan daftar referensi secara otomatis sesuai dengan gaya yang telah Anda pilih.

8. Untuk mengedit referensi, buka aplikasi Mendeley dan lakukan perubahan pada referensi yang ingin diubah. Setelah perubahan disimpan, kembali ke Microsoft Word dan pilih “Refresh” pada tab Mendeley untuk memperbarui kutipan dan daftar referensi.

Dalam kesimpulan, Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi yang sangat berguna bagi penulis karya ilmiah. Dengan menggabungkan Mendeley dengan Microsoft Word, pengguna dapat membuat kutipan dan daftar referensi otomatis dengan mudah. Pastikan Anda memilih gaya kutipan yang sesuai dengan standar akademik yang berlaku dan terus memperbarui daftar referensi Anda saat menambahkan referensi baru.

Tinggalkan Komentar

Iklan