Hello, Friend! Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk membangun rumah 3 lantai? Jika iya, kamu pasti ingin tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk merencanakan dan membangun rumah impianmu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang biaya bangun rumah 3 lantai pada tahun 2021. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Rencana Desain Rumah

Rencana desain rumah adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membangun rumah 3 lantai. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat rencana desain rumah bervariasi tergantung pada jumlah kamar, ukuran ruangan, dan fitur tambahan seperti balkon atau taman. Biaya ini bisa mencapai Rp 5-10 juta.

2. Biaya Bangun Pondasi

Setelah rencana desain rumah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membangun pondasi. Biaya bangun pondasi juga bervariasi tergantung pada ukuran rumah dan jenis tanah di lokasi pembangunan. Biaya ini bisa mencapai Rp 20-30 juta.

3. Biaya Bangun Struktur Rumah

Setelah pondasi selesai dibangun, langkah selanjutnya adalah membangun struktur rumah. Biaya bangun struktur rumah bervariasi tergantung pada bahan bangunan yang digunakan dan ukuran rumah. Biaya ini bisa mencapai Rp 30-50 juta.

4. Biaya Bangun Atap dan Dinding

Setelah struktur rumah selesai dibangun, langkah selanjutnya adalah membangun atap dan dinding rumah. Biaya bangun atap dan dinding juga bervariasi tergantung pada bahan bangunan yang digunakan dan ukuran rumah. Biaya ini bisa mencapai Rp 50-70 juta.

5. Biaya Interior dan Eksterior Rumah

Setelah atap dan dinding selesai dibangun, langkah selanjutnya adalah memasang interior dan eksterior rumah. Biaya interior dan eksterior rumah bervariasi tergantung pada jenis bahan dan furnitur yang dipilih. Biaya ini bisa mencapai Rp 100-200 juta.

6. Biaya Instalasi Listrik dan Air

Setelah interior dan eksterior selesai dipasang, langkah selanjutnya adalah memasang instalasi listrik dan air. Biaya instalasi listrik dan air bervariasi tergantung pada kebutuhan dan besar rumah. Biaya ini bisa mencapai Rp 20-30 juta.

7. Biaya Finishing Rumah

Setelah semua instalasi selesai dipasang, langkah terakhir adalah melakukan finishing pada rumah. Biaya finishing rumah bervariasi tergantung pada jenis bahan yang dipilih. Biaya ini bisa mencapai Rp 50-100 juta.

8. Total Biaya Bangun Rumah 3 Lantai

Berdasarkan perhitungan di atas, total biaya bangun rumah 3 lantai pada tahun 2021 bisa mencapai Rp 275-500 juta. Namun, biaya ini hanya sebagai perkiraan dan bisa berbeda tergantung pada lokasi pembangunan, jenis bahan yang digunakan, dan ukuran rumah.

Saran Kami:

Jika kamu ingin membangun rumah 3 lantai dengan biaya yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih bahan bangunan yang lebih murah seperti batako atau beton ringan. Selain itu, kamu juga bisa memilih furnitur dan peralatan rumah tangga yang lebih ekonomis. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti biaya izin mendirikan bangunan dan biaya pengawas konstruksi.

Baca Juga:   Harga Pasaran Bangun Rumah per Meter

FAQ:

Pertanyaan Jawaban
Apakah biaya bangun rumah 3 lantai selalu mahal? Tidak selalu mahal. Biaya bisa lebih terjangkau jika memilih bahan bangunan dan furnitur yang lebih murah.
Berapa biaya bangun rumah 3 lantai untuk ukuran 200 meter persegi? Biaya bisa mencapai Rp 500-800 juta tergantung pada jenis bahan bangunan yang digunakan.
Apakah biaya bangun rumah 3 lantai lebih mahal daripada bangun rumah 2 lantai? Ya, karena membutuhkan lebih banyak bahan bangunan dan tenaga kerja.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang biaya bangun rumah 3 lantai pada tahun 2021. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tambahan dan memilih bahan bangunan dan furnitur yang lebih terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang merencanakan untuk membangun rumah 3 lantai. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Komentar

Iklan