Hello Friend, apakah kamu sedang merencanakan untuk membangun rumah impianmu di tahun 2021 ini? Tentu saja, salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah biaya borongan bangun rumah per m2. Biaya tersebut dapat mempengaruhi total biaya yang harus kamu keluarkan untuk membangun rumahmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui perkiraan biaya borongan bangun rumah per m2 di tahun 2021 ini. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu Biaya Borongan Bangun Rumah per m2?

Biaya borongan bangun rumah per m2 adalah biaya yang dikeluarkan oleh pemilik rumah kepada kontraktor untuk membangun rumah tersebut. Biaya ini biasanya termasuk biaya bahan bangunan, tenaga kerja, dan biaya administrasi lainnya. Biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada daerah, ukuran dan jenis rumah yang akan dibangun.

Baca Juga:   Harga Bangunan Rumah per m2

Perkiraan Biaya Borongan Bangun Rumah per m2 di Tahun 2021

Tahun 2021 ini, perkiraan biaya borongan bangun rumah per m2 dapat berbeda-beda tergantung pada daerah, ukuran dan jenis rumah yang akan dibangun. Namun, secara umum, biaya borongan bangun rumah per m2 di tahun 2021 ini diperkirakan akan meningkat sekitar 5-10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga bahan bangunan dan upah tenaga kerja yang semakin tinggi.

Table: Perkiraan Biaya Borongan Bangun Rumah per m2 di Tahun 2021 Berdasarkan Jenis Rumah

Jenis Rumah Perkiraan Biaya Borongan Bangun Rumah per m2
Rumah Minimalis Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000
Rumah Sederhana Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000
Rumah Mewah Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000
Baca Juga:   Rincian Biaya Bangun Rumah 80 Juta

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Biaya Borongan Bangun Rumah per m2

1. Apakah biaya borongan bangun rumah per m2 termasuk biaya interior?

Tidak, biaya borongan bangun rumah per m2 hanya mencakup biaya pembangunan rumah dari luar, seperti struktur, atap, dinding, dan kusen.

2. Apakah biaya borongan bangun rumah per m2 termasuk biaya tanah?

Tidak, biaya borongan bangun rumah per m2 hanya mencakup biaya pembangunan rumah dari luar.

3. Apakah biaya borongan bangun rumah per m2 bisa dinegosiasikan?

Ya, biaya borongan bangun rumah per m2 bisa dinegosiasikan tergantung pada kesepakatan antara pemilik rumah dan kontraktor.

Kesimpulan

Membangun rumah impian merupakan investasi besar bagi setiap orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui perkiraan biaya borongan bangun rumah per m2 di tahun 2021 ini agar dapat mempersiapkan budget yang tepat. Dari tabel yang telah disediakan di atas, kamu dapat memperkirakan biaya borongan bangun rumah per m2 berdasarkan jenis rumah yang akan dibangun. Ingat, biaya borongan bangun rumah per m2 dapat dinegosiasikan dengan kontraktor. Jangan ragu untuk menawar jika kamu merasa biaya yang ditawarkan terlalu tinggi.

Saran

Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih kontraktor untuk membangun rumahmu. Pilihlah kontraktor yang terpercaya dan memiliki pengalaman yang cukup, sehingga hasil pembangunan rumahmu dapat sesuai dengan yang diharapkan. Selamat membangun rumah impianmu!

Terima kasih telah membaca artikel tentang biaya borongan bangun rumah per m2 2021. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Komentar

Iklan