Hello Friend, jika kamu sedang berencana untuk membangun rumah dengan ukuran 7×12 meter, tentunya kamu membutuhkan informasi mengenai biaya yang dibutuhkan. Setiap orang pasti ingin menghemat biaya, namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, artikel ini akan membahas secara detail mengenai biaya bangun rumah 7×12 beserta perhitungannya.

Perhitungan Biaya Bangun Rumah 7×12

Sebelum membahas mengenai perhitungan biaya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis biaya yang akan kamu keluarkan dalam membangun rumah. Berikut adalah jenis-jenis biaya yang harus kamu ketahui:

Jenis Biaya Keterangan
Biaya Desain Biaya untuk membuat desain rumah oleh arsitek atau desainer
Biaya Tanah Biaya untuk membeli atau menyewa tanah
Biaya Konstruksi Biaya untuk membangun rumah, termasuk bahan bangunan dan upah tukang
Biaya Interior Biaya untuk membuat interior rumah, seperti perabotan dan dekorasi
Biaya Legalitas Biaya untuk membuat surat-surat legalitas rumah, seperti sertifikat dan IMB

Setelah mengetahui jenis-jenis biaya tersebut, sekarang mari kita hitung biaya bangun rumah 7×12. Berikut adalah perhitungannya:

1. Biaya Desain

Biaya desain rumah berkisar antara 5-10% dari total biaya konstruksi. Jadi, jika total biaya konstruksi sebesar Rp500 juta, maka biaya desain rumah adalah Rp25-50 juta.

Baca Juga:   Bangun Rumah Murah: Tips dan Trik

2. Biaya Tanah

Biaya tanah sangat bervariasi tergantung lokasi dan ukuran tanah. Untuk ukuran 7×12, harga tanah di perkotaan berkisar antara Rp500 juta hingga Rp2 miliar. Sedangkan di daerah pinggiran, harga tanah dapat lebih murah.

3. Biaya Konstruksi

Biaya konstruksi rumah 7×12 dapat dihitung dengan rumus harga per meter persegi dikalikan dengan luas bangunan. Harga per meter persegi bervariasi tergantung bahan bangunan yang digunakan, namun rata-rata harga per meter persegi adalah Rp4-5 juta. Jadi, untuk bangunan berukuran 7×12 yang memiliki luas 84 meter persegi, biaya konstruksinya berkisar antara Rp336-420 juta.

4. Biaya Interior

Biaya interior rumah juga bervariasi tergantung jenis dan kualitas perabotan serta dekorasi yang digunakan. Rata-rata biaya interior rumah adalah 10-20% dari total biaya konstruksi. Jadi, jika total biaya konstruksi sebesar Rp500 juta, maka biaya interior rumah adalah Rp50-100 juta.

5. Biaya Legalitas

Biaya legalitas rumah tergantung pada jenis surat-surat yang dibutuhkan dan biaya notaris. Rata-rata biaya legalitas rumah adalah 1-2% dari total biaya konstruksi. Jadi, jika total biaya konstruksi sebesar Rp500 juta, maka biaya legalitas rumah adalah Rp5-10 juta.

Baca Juga:   Biaya Per Meter Bangun Rumah

Jadi, total biaya bangun rumah 7×12 adalah:

Biaya Desain + Biaya Tanah + Biaya Konstruksi + Biaya Interior + Biaya Legalitas = Rp25-50 juta + Rp500 juta + Rp336-420 juta + Rp50-100 juta + Rp5-10 juta = Rp916-1,080 miliar

Tips Menghemat Biaya Bangun Rumah 7×12

Tentunya, biaya bangun rumah 7×12 yang mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah dapat membuat kantong jebol. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang dapat membantu kamu menghemat biaya. Berikut adalah tipsnya:

1. Pilih lokasi yang strategis dan harga tanah yang terjangkau

2. Gunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan dan harga terjangkau

3. Buat desain rumah yang simpel dan fungsional

4. Gunakan peralatan dan perabotan yang sudah ada di rumah sebelumnya

5. Lakukan perawatan secara rutin agar tetap dalam kondisi baik

FAQ

Q: Berapa biaya untuk membuat desain rumah?

A: Biaya untuk membuat desain rumah berkisar antara 5-10% dari total biaya konstruksi.

Q: Berapa harga tanah untuk ukuran 7×12?

A: Harga tanah untuk ukuran 7×12 sangat bervariasi tergantung lokasi. Di perkotaan, harga tanah berkisar antara Rp500 juta hingga Rp2 miliar.

Q: Berapa biaya konstruksi rumah 7×12?

A: Biaya konstruksi rumah 7×12 berkisar antara Rp336-420 juta, tergantung pada harga per meter persegi bahan bangunan yang digunakan.

Kesimpulan

Membangun rumah dengan ukuran 7×12 meter membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan perhitungan yang cermat dan tips menghemat biaya, kamu dapat menghemat biaya dan mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mengatur anggaran dengan bijak dan melakukan perawatan secara rutin agar rumah tetap dalam kondisi baik.

Saran

Jika kamu ingin menghemat biaya, cobalah untuk membeli bahan bangunan secara grosir atau memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh toko bangunan. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan jasa tukang yang terpercaya dan memiliki harga yang terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang merencanakan untuk membangun rumah dengan ukuran 7×12.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Komentar

Iklan