Hello Friend, apakah kamu sedang berencana untuk membangun rumah impianmu? Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah harga bangun rumah per m2. Artikel ini akan membahas tentang harga tersebut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yuk simak!

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Bangun Rumah per m2

Sebelum membahas harga bangun rumah per m2, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Beberapa faktor tersebut antara lain:

Faktor Keterangan
Lokasi Lokasi yang strategis akan mempengaruhi harga bangun rumah per m2. Biasanya, lokasi yang dekat dengan pusat kota atau fasilitas publik akan lebih mahal.
Material Bangunan Jenis material yang digunakan untuk bangunan juga mempengaruhi harga bangun rumah per m2. Material berkualitas tinggi seperti kayu jati atau batu alam akan lebih mahal daripada material biasa.
Desain Desain rumah yang unik atau rumah dengan gaya arsitektur tertentu juga dapat mempengaruhi harga bangun rumah per m2. Semakin rumit desain rumah, semakin mahal juga biayanya.
Jumlah Lantai Rumah dengan jumlah lantai yang lebih banyak akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk tiap m2-nya.
Tingkat Kesulitan Bangun rumah di daerah terpencil atau membangun rumah dengan kondisi tanah yang tidak rata akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi.
Baca Juga:   Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Harga Bangun Rumah per m2 di Indonesia

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, berapa sih harga bangun rumah per m2 di Indonesia?

Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), harga bangun rumah per m2 di Indonesia berkisar antara Rp. 3 juta hingga Rp. 20 juta. Harga tersebut tentunya tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika kamu ingin membangun rumah dengan material yang berkualitas tinggi, desain yang unik, dan lokasi yang strategis, tentunya biaya yang dibutuhkan akan lebih tinggi.

Saran untuk Menghemat Biaya Bangun Rumah

Jika kamu ingin menghemat biaya bangun rumah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan memilih material bangunan yang lebih murah namun tetap berkualitas baik. Kamu juga bisa memilih desain rumah yang sederhana dan tidak terlalu rumit.

Baca Juga:   Renovasi Rumah Biaya 100 Juta

Selain itu, kamu juga bisa memilih lokasi yang tidak terlalu strategis namun masih dekat dengan fasilitas publik. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya pembangunan rumah.

Kesimpulan

Harga bangun rumah per m2 di Indonesia berkisar antara Rp. 3 juta hingga Rp. 20 juta, tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, material bangunan, desain, jumlah lantai, dan tingkat kesulitan. Namun, jika ingin menghemat biaya, kamu bisa memilih material dan desain yang lebih sederhana atau memilih lokasi yang tidak terlalu strategis.

FAQ

1. Apakah harga bangun rumah per m2 sudah termasuk dengan perabotan rumah?

Tidak, harga bangun rumah per m2 hanya mencakup biaya pembangunan rumah saja, belum termasuk dengan perabotan rumah.

2. Apakah perbedaan harga bangun rumah per m2 di kota dan di pedesaan?

Ya, harga bangun rumah per m2 di kota biasanya lebih mahal daripada di pedesaan karena faktor-faktor seperti lokasi dan material bangunan yang lebih sulit didapatkan di kota.

3. Apakah harga bangun rumah per m2 bisa dinegosiasikan?

Ya, harga bangun rumah per m2 bisa dinegosiasikan dengan kontraktor atau pengembang yang akan membangun rumahmu.

4. Apakah harga bangun rumah per m2 termasuk dengan biaya proyeksi?

Tidak, harga bangun rumah per m2 hanya mencakup biaya pembangunan rumah saja, belum termasuk dengan biaya proyeksi atau pengawasan pembangunan rumah.

5. Apakah harga bangun rumah per m2 sudah termasuk dengan biaya pemeliharaan rumah?

Tidak, harga bangun rumah per m2 hanya mencakup biaya pembangunan rumah saja, belum termasuk dengan biaya pemeliharaan rumah di kemudian hari.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Komentar

Iklan