Pendahuluan

Hello Friend, dalam pembangunan sebuah rumah atau gedung, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah perhitungan bangunan per meter persegi. Hal ini tentu sangat penting untuk menentukan biaya pembangunan serta menentukan ukuran ruangan yang ideal. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai hitungan bangunan per meter persegi beserta tips untuk melakukan perhitungan yang akurat.

Apa itu Hitungan Bangunan Per Meter Persegi?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hitungan bangunan per meter persegi, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu hitungan bangunan. Hitungan bangunan adalah perhitungan mengenai jumlah bahan bangunan yang diperlukan untuk membangun sebuah gedung atau rumah. Sedangkan hitungan bangunan per meter persegi adalah perhitungan yang dilakukan untuk menentukan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun satu meter persegi bangunan.

Bagaimana Cara Menghitung Bangunan Per Meter Persegi?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan hitungan bangunan per meter persegi yang akurat. Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu jenis bahan bangunan yang akan digunakan. Selanjutnya, hitung luas bangunan yang akan dibangun. Kemudian, hitung luas dinding, atap, dan lantai. Setelah itu, hitung jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk masing-masing elemen tersebut. Akhirnya, jumlahkan semua jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk mendapatkan total bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun satu meter persegi bangunan.

Contoh Hitungan Bangunan Per Meter Persegi

Sebagai contoh, kita akan menghitung bangunan per meter persegi untuk sebuah rumah dengan luas 100 meter persegi. Untuk jenis bahan bangunan, kita akan menggunakan batako. Pertama-tama, kita akan menghitung luas dinding. Dalam hal ini, kita akan menggunakan rumus Luas = Tinggi x Lebar. Misalnya, tinggi dinding adalah 3 meter dan lebar dinding adalah 5 meter. Maka, luas dinding adalah 15 meter persegi. Selanjutnya, kita akan menghitung luas atap. Dalam hal ini, kita akan menggunakan rumus Luas = Panjang x Lebar. Misalnya, panjang atap adalah 10 meter dan lebar atap adalah 5 meter. Maka, luas atap adalah 50 meter persegi. Terakhir, kita akan menghitung luas lantai. Dalam hal ini, kita akan menggunakan rumus Luas = Panjang x Lebar. Misalnya, panjang lantai adalah 10 meter dan lebar lantai adalah 10 meter. Maka, luas lantai adalah 100 meter persegi. Setelah mengetahui luas dinding, atap, dan lantai, kita bisa menghitung jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk masing-masing elemen tersebut. Untuk dinding, kita akan menggunakan 100 buah batako per meter persegi. Maka, untuk luas dinding 15 meter persegi, kita membutuhkan 1.500 buah batako. Untuk atap, kita akan menggunakan genteng. Misalnya, kita membutuhkan 10 genteng per meter persegi. Maka, untuk luas atap 50 meter persegi, kita membutuhkan 500 genteng. Terakhir, untuk lantai, kita akan menggunakan keramik. Misalnya, kita membutuhkan 5 buah keramik per meter persegi. Maka, untuk luas lantai 100 meter persegi, kita membutuhkan 500 buah keramik. Jumlahkan semua bahan bangunan yang dibutuhkan untuk mendapatkan total bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun satu meter persegi bangunan. Total bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun 100 meter persegi rumah dengan menggunakan batako, genteng, dan keramik adalah: – Batako: 1.500 buah – Genteng: 10 buah – Keramik: 5 buah Total: 1.515 buah Maka, untuk membangun satu meter persegi bangunan dengan menggunakan batako, genteng, dan keramik, kita membutuhkan 15,15 buah bahan bangunan.

Baca Juga:   Biaya Bangun Pondasi Rumah Type 45

Tips untuk Menghitung Bangunan Per Meter Persegi

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menghitung bangunan per meter persegi dengan lebih akurat: 1. Pastikan Anda menggunakan satuan yang sama dalam menghitung luas bangunan dan luas elemen bangunan seperti dinding, atap, dan lantai. 2. Gunakan rumus yang tepat dalam menghitung luas elemen bangunan. 3. Perhitungkan juga kebutuhan bahan bangunan untuk elemen lain seperti plafon, pintu, dan jendela. 4. Hitung juga kebutuhan bahan bangunan yang tidak dapat dihitung dengan rumus seperti semen, pasir, dan besi. 5. Gunakan harga bahan bangunan yang aktual dalam menghitung biaya pembangunan.

Baca Juga:   Biaya Bangun Kamar 4x4

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai hitungan bangunan per meter persegi: 1. Mengapa perhitungan bangunan per meter persegi penting? Jawaban: Perhitungan bangunan per meter persegi penting untuk menentukan biaya pembangunan serta menentukan ukuran ruangan yang ideal. 2. Apa saja elemen bangunan yang perlu dihitung dalam perhitungan bangunan per meter persegi? Jawaban: Beberapa elemen bangunan yang perlu dihitung antara lain dinding, atap, dan lantai. 3. Bagaimana cara menghitung bangunan per meter persegi yang akurat? Jawaban: Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti menentukan jenis bahan bangunan, menghitung luas bangunan, dan menghitung luas elemen bangunan. 4. Apa saja tips untuk menghitung bangunan per meter persegi dengan akurat? Jawaban: Beberapa tips yang dapat membantu dalam menghitung bangunan per meter persegi antara lain menggunakan satuan yang sama, menggunakan rumus yang tepat, dan memperhitungkan kebutuhan bahan bangunan yang tidak dapat dihitung dengan rumus.

Baca Juga:   Upah Tukang Bangun Rumah Type 36: Berapa Sih Seharusnya?

Kesimpulan

Dalam pembangunan sebuah rumah atau gedung, perhitungan bangunan per meter persegi sangat penting untuk menentukan biaya pembangunan serta menentukan ukuran ruangan yang ideal. Untuk melakukan perhitungan yang akurat, pastikan Anda menggunakan satuan yang sama, menggunakan rumus yang tepat, dan memperhitungkan kebutuhan bahan bangunan yang tidak dapat dihitung dengan rumus. Dengan melakukan perhitungan yang akurat, Anda dapat memastikan bahwa pembangunan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Saran

Untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat, Anda dapat menggunakan jasa konsultan bangunan yang berpengalaman atau menggunakan software perhitungan bangunan yang tersedia di pasaran. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca artikel mengenai hitungan bangunan per meter persegi ini.

Tinggalkan Komentar

Iklan