Hello Friend, saat ini banyak orang yang ingin memiliki rumah sendiri. Salah satu pilihan yang paling umum adalah membangun rumah type 36. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah type 36, ada baiknya Anda mengetahui total biaya yang diperlukan untuk membangun rumah tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai total biaya bangun rumah type 36.

Apa itu Rumah Type 36?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya bangun rumah type 36, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu rumah type 36. Rumah type 36 adalah jenis rumah sederhana dengan luas bangunan sekitar 36 meter persegi. Meskipun termasuk jenis rumah yang sederhana, namun rumah type 36 ini sering menjadi pilihan bagi keluarga kecil yang ingin memiliki rumah sendiri.

Biaya Tanah

Untuk membangun rumah type 36, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah tanah. Biaya tanah sangat bervariasi tergantung dari lokasi, ukuran dan kondisi tanah. Namun, untuk membangun rumah type 36, Anda dapat memilih tanah dengan ukuran minimal 6×6 meter. Biaya tanah tersebut dapat mencapai Rp 200 juta hingga Rp 500 juta tergantung dari lokasi dan kondisi tanah.

Biaya Desain dan Perijinan

Setelah memiliki tanah, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah desain dan perijinan. Biaya untuk membuat desain rumah type 36 dapat mencapai Rp 10 juta hingga Rp 20 juta tergantung dari tingkat kesulitan dan jumlah revisi yang dibutuhkan. Sementara itu, biaya untuk perijinan rumah type 36 dapat mencapai Rp 5 juta hingga Rp 10 juta tergantung dari jenis perijinan yang diperlukan.

Biaya Bahan Bangunan

Biaya bahan bangunan merupakan biaya terbesar dalam membangun rumah type 36. Biaya bahan bangunan dapat mencapai 60-70% dari total biaya bangun rumah type 36. Biaya bahan bangunan tersebut tergantung dari kualitas dan jumlah bahan bangunan yang digunakan. Berikut adalah perkiraan biaya bahan bangunan untuk membangun rumah type 36.

Jenis Bahan Bangunan Harga Per Satuan Jumlah yang Dibutuhkan Total Biaya
Batako Rp 500 2500 buah Rp 1.250.000
Pasir Rp 200.000 7 m3 Rp 1.400.000
Besi Beton Rp 100.000 500 kg Rp 50.000.000
Genteng Rp 10.000 3000 buah Rp 30.000.000
Keramik Rp 50.000 100 m2 Rp 5.000.000
Cat Rp 50.000 50 liter Rp 2.500.000

Biaya Jasa Kontraktor

Selain biaya bahan bangunan, biaya jasa kontraktor juga harus diperhitungkan. Biaya jasa kontraktor dapat mencapai 10-20% dari total biaya bangun rumah type 36. Biaya tersebut tergantung dari kualitas dan pengalaman kontraktor yang Anda pilih. Biaya jasa kontraktor tersebut meliputi biaya tenaga kerja, biaya pemakaian alat, dan biaya pengawasan.

Baca Juga:   Budget Bangun Rumah Type 36

Biaya Lain-lain

Selain biaya di atas, masih ada beberapa biaya lain yang perlu dipersiapkan dalam membangun rumah type 36. Biaya lain-lain tersebut meliputi biaya listrik, biaya air, biaya gas, biaya mebel, dan biaya keamanan. Biaya tersebut dapat mencapai Rp 20 juta hingga Rp 50 juta tergantung dari kebutuhan dan kualitas yang Anda pilih.

FAQ

Apa saja faktor yang mempengaruhi biaya bangun rumah type 36?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya bangun rumah type 36, di antaranya adalah lokasi tanah, kualitas bahan bangunan, kualitas kontraktor, serta biaya perijinan dan desain.

Apakah biaya yang tertera di atas sudah termasuk pajak?

Tidak, biaya yang tertera di atas belum termasuk pajak. Anda perlu menambahkan pajak 10% untuk menghitung total biaya bangun rumah type 36.

Apakah biaya bangun rumah type 36 bisa lebih murah dari yang tertera di atas?

Tentu saja. Biaya bangun rumah type 36 dapat lebih murah apabila Anda memilih bahan bangunan yang lebih murah dan menggunakan jasa kontraktor yang lebih terjangkau. Namun, Anda perlu memastikan bahwa kualitas bahan bangunan dan jasa kontraktor yang Anda pilih tetap memenuhi standar yang baik.

Baca Juga:   Harga Borongan per Meter Bangun Rumah

Kesimpulan

Jadi, total biaya bangun rumah type 36 dapat mencapai Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar tergantung dari lokasi, kualitas bahan bangunan, kualitas kontraktor, serta biaya perijinan dan desain. Sebelum memutuskan untuk membangun rumah type 36, pastikan Anda sudah memperhitungkan total biaya yang diperlukan dan memilih bahan bangunan serta jasa kontraktor yang berkualitas untuk memastikan rumah Anda dibangun dengan baik.

Saran

Jika Anda ingin membangun rumah type 36 dengan biaya yang lebih terjangkau, ada baiknya Anda memeriksa harga bahan bangunan dan jasa kontraktor dari beberapa tempat yang berbeda untuk membandingkan harga dan kualitas yang ditawarkan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan bahan bangunan yang berkualitas agar rumah Anda tahan lama dan aman untuk ditempati.

Sekian artikel mengenai total biaya bangun rumah type 36. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan biaya untuk membangun rumah type 36. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Komentar

Iklan