Hello Friend, jika Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah, pasti salah satu pertanyaan yang muncul dalam pikiran Anda adalah berapa biaya yang diperlukan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang harga jasa bangun rumah per m2.

Apa itu Harga Jasa Bangun Rumah per m2?

Harga jasa bangun rumah per m2 merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah per meter persegi. Biaya ini meliputi biaya material, tenaga kerja, dan segala macam biaya lainnya yang terkait dengan proses pembangunan rumah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Jasa Bangun Rumah per m2

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga jasa bangun rumah per m2, di antaranya:

1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor penting dalam menentukan harga jasa bangun rumah per m2. Biaya pembangunan rumah di daerah perkotaan biasanya lebih mahal dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Baca Juga:   Anggaran Membangun Rumah

2. Bahan Bangunan

Bahan bangunan juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga jasa bangun rumah per m2. Bahan bangunan berkualitas tinggi biasanya lebih mahal dibandingkan dengan bahan bangunan berkualitas rendah.

3. Tingkat Kesulitan Proyek

Tingkat kesulitan proyek juga mempengaruhi harga jasa bangun rumah per m2. Jika proyek membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus, maka biayanya akan lebih mahal.

4. Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga jasa bangun rumah per m2. Jika jumlah tenaga kerja yang diperlukan banyak, maka biayanya akan lebih mahal.

5. Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan juga mempengaruhi harga jasa bangun rumah per m2. Semakin lama waktu pengerjaan, maka biayanya akan semakin mahal.

Baca Juga:   Biaya Membuat Rumah Minimalis: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Range Harga Jasa Bangun Rumah per m2

Range harga jasa bangun rumah per m2 bervariasi tergantung dari faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Namun, secara umum, range harga jasa bangun rumah per m2 adalah sebagai berikut:

Daerah Harga per m2
Daerah Pedesaan Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000
Daerah Perkotaan Rp 3.500.000 – Rp 6.000.000

FAQ

1. Apakah range harga jasa bangun rumah per m2 sudah termasuk biaya material?

Ya, range harga jasa bangun rumah per m2 sudah termasuk biaya material, tenaga kerja, dan segala macam biaya lainnya yang terkait dengan proses pembangunan rumah.

2. Apakah harga jasa bangun rumah per m2 di daerah perkotaan lebih mahal dibandingkan dengan daerah pedesaan?

Ya, harga jasa bangun rumah per m2 di daerah perkotaan biasanya lebih mahal dibandingkan dengan daerah pedesaan karena biaya hidup yang lebih tinggi di daerah perkotaan.

Kesimpulan

Harga jasa bangun rumah per m2 bervariasi tergantung dari faktor-faktor seperti lokasi, bahan bangunan, tingkat kesulitan proyek, tenaga kerja, dan waktu pengerjaan. Range harga jasa bangun rumah per m2 adalah Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 untuk daerah pedesaan dan Rp 3.500.000 – Rp 6.000.000 untuk daerah perkotaan.

Saran

Sebelum memilih jasa bangun rumah, pastikan untuk membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa terlebih dahulu agar bisa memilih yang terbaik dan sesuai dengan budget Anda.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Komentar

Iklan