Hello, Sahabat! Apakah Anda memiliki laptop Lenovo yang keyboardnya tidak berfungsi dengan baik? Jangan khawatir, Anda bisa menggantinya dengan mudah! Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengganti keyboard laptop Lenovo. Simak terus ya!

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai langkah-langkah penggantian keyboard, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Keyboard laptop Lenovo yang baru
  • Sekrup driver
  • Spudger atau pisau kecil
  • Pinset atau tang kecil

2. Matikan Laptop dan Lepaskan Baterai

Sebelum membuka laptop, pastikan untuk mematikan laptop dan melepaskan baterainya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya arus listrik yang berbahaya saat melakukan penggantian keyboard.

3. Buka Casing Laptop

Setelah laptop dimatikan dan baterai dilepas, sekarang saatnya membuka casing laptop. Gunakan sekrup driver untuk membuka sekrup-sekrup yang mengikat casing laptop. Setelah casing terbuka, letakkan keyboard laptop baru di atas keyboard lama dan pastikan posisinya sesuai.

Baca Juga:   Harga RAM 4GB Laptop Lenovo: Pilihan Terbaik untuk Kinerja yang Lebih Cepat

4. Lepaskan Kabel Keyboard

Setelah keyboard laptop baru diletakkan di atas keyboard lama, lepaskan kabel keyboard yang menghubungkan keyboard lama dengan motherboard laptop. Gunakan spudger atau pisau kecil untuk membuka klip pengunci kabel keyboard lama, lalu lepaskan kabel keyboard dari motherboard laptop.

5. Pasang Keyboard Baru

Setelah kabel keyboard lama dilepaskan, pasang kabel keyboard baru ke motherboard laptop. Pastikan kabel keyboard baru terpasang dengan rapat dan klip penguncinya tertutup dengan benar. Setelah itu, pasang keyboard baru ke casing laptop dengan menggunakan sekrup driver.

6. Pasang Kembali Casing Laptop

Setelah keyboard baru terpasang dengan benar, pasang kembali casing laptop dan kencangkan sekrup-sekrupnya dengan sekrup driver. Setelah casing laptop terpasang, pasang kembali baterai laptop dan hidupkan laptop.

7. Tes Keyboard Baru

Setelah laptop dinyalakan, tes keyboard baru dengan mengetik beberapa huruf dan angka. Pastikan keyboard baru berfungsi dengan baik dan tidak ada tombol yang macet atau tidak berfungsi.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Berapa harga keyboard laptop Lenovo yang baru?

Harga keyboard laptop Lenovo yang baru bervariasi tergantung pada tipe dan model laptop. Namun, secara umum harga keyboard laptop Lenovo yang baru berkisar antara 200.000 hingga 500.000 rupiah.

2. Apakah penggantian keyboard laptop Lenovo bisa dilakukan sendiri?

Ya, penggantian keyboard laptop Lenovo bisa dilakukan sendiri asalkan Anda memiliki alat dan bahan yang diperlukan serta mengikuti langkah-langkah dengan benar.

3. Apa yang harus dilakukan jika keyboard laptop Lenovo tidak berfungsi setelah diganti?

Jika keyboard laptop Lenovo tidak berfungsi setelah diganti, pastikan kabel keyboard terpasang dengan benar ke motherboard dan tidak ada kerusakan pada kabel keyboard atau motherboard.

4. Apakah penggantian keyboard laptop Lenovo membutuhkan waktu yang lama?

Tidak, penggantian keyboard laptop Lenovo tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam waktu kurang dari satu jam, Anda sudah bisa mengganti keyboard laptop Lenovo dengan mudah.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara mengganti keyboard laptop Lenovo dengan mudah, kan? Jangan khawatir jika keyboard laptop Anda rusak, karena Anda bisa menggantinya sendiri dengan mengikuti panduan di atas. Ingat, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah dengan benar. Semoga berhasil!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Komentar

Iklan