Seputar.CO.ID – Sosial media yang satu ini, merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda dan content creator dalam berkarya serta mempromosikan hal-hal menarik di dalamnya. Namun, ada sedikit keresahan mereka yang menjadi penyebab utama yaitu kenapa tiktok lemot.

Tak menutup kemungkinan, media sosial lain juga mendapat kritikan seperti ini namun berbeda dengan tiktok. Banyak sekali, keluhan yang ada pada tiktok dan penyebab utamanya terkadang memori handphone yang penuh dan internet yang lemot.

Apa Alasan Lain Di Balik Lemotnya Aplikasi Tiktok Saat ini?

1. Spesifikasi Smartphone Tidak Mumpuni

Alasan pertama, adalah alasan umum kenapa tiktok lemot. Hal ini, karena dipengaruhi oleh spesifikasi smartphone kamu yang belum di atas rata-rata alias smartphone lawas. Karena tiktok merupakan aplikasi yang cukup besar, ada baiknya kamu menambah memori eksternal.

Dengan memori tambahan tersebut, lemotnya aplikasi tiktok dapat diminimalisir dan dapat meningkatkan kinerja smartphone kamu, lho! Jika telah menambah memori namun masih saja lemot, ini saatnya kamu wajib ganti smartphone ya!

2. Keterbatasan Sinyal

Meski menggunakan wifi, belum tentu aplikasi tiktok yang kamu jalankan akan selalu lancar. Nyatanya, terdapat beberapa jaringan wifi yang selalu gangguan karena cuaca buruk atau kendala lainnya.

Disisi lain, menggunakan paket internet pun terdapat keterbatasan sinyal jika kamu tinggal jauh dalam desa maupun di pinggiran kota. Untuk itu, jika tiktok masih terasa lemot sepertinya kamu wajib ganti provider atau wifi lainnya yang lebih kenceng ya.

Baca Juga:   Ini Dia Cara Agar WA Banyak yang Chat 2023, Efektif!

3. Tidak Diupdate

Nah, masalah sepele ini terkadang menjadi masalah yang dikeluhkan banyak orang. Meski seringkali menggunakan aplikasi tiktok, kamu tetap perlu mengupdatenya agar aplikasi yang kamu gunakan tetap berjalan lancar. Kamu, bisa dengan mudah update langsung dari Appstore maupun Playstore.

Dengan adanya update, aplikasi tiktokmu tak akan lemot dan pastinya lebih lancar. Karena dengan update, tiktok kamu akan diperbaharui serta menambah fitur-fitur baru di dalamnya. Pastinya setelah update, aplikasi tiktok akan lebih cepat dan tak lemot seperti sebelumnya.

4. Terdapat Cache Tiktok

Cache merupakan sampah aplikasi yang ada pada setiap aplikasi yang kamu gunakan, seperti tiktok. Adanya cache menjadi alasan kenapa tiktok lemot dan tak berjalan mulus ketika digunakan. Nah, kamu bisa dengan mudah menghapus cache ini di pengaturan, lho.

Caranya, buka pengaturan lalu cari aplikasi dan pilih tiktok. Disana terdapat clear cache dan klik tombol tersebut. Dengan menghapusnya kamu tak perlu khawatir tiktok yang dimainkan akan lemot.

5. Restart Smartphone

Terkadang, ada beberapa aplikasi yang lemot setelah digunakan. Cara mudahnya, kamu hanya perlu merestart ulang smartphone kamu. Setelah menyala, hapus file-file sampah dan coba kembali aplikasi tiktok.

Dengan merestart smartphone, aplikasi yang terdapat di dalamnya akan memulai ulang seperti semula dan pastinya beban kerjanya akan berkurang.

Bagaimana Cara Mengatasi Tiktok lemot?

Bagaimana Cara Mengatasi Tiktok lemot
Bagaimana Cara Mengatasi Tiktok lemot (pexels.com)

Tenang, karena penyebab di atas artikel ini memiliki berbagai solusi yang hadir untuk membantumu dalam menggunakan aplikasi tiktok agar tak lemot. Namun, apa saja caranya?

1.    Update Software

Jika smartphone kamu memiliki update software atau aplikasi termasuk tiktok, maka kamu perlu memperbaikinya. Dengan software maupun aplikasi yang telah terupdate, smartphone kamu dan aplikasi yang akan kamu gunakan akan terbebas dari lemot.

Karena, update software akan menghindari smartphone kamu dari virus maupun bug yang bersemayam dalam smartphone. Untuk itu, jangan lupa untuk update software maupun aplikasi secara rutin ya!

1.    Cari Sinyal yang Stabil

Paket internet yang lemot atau sinyal wifi yang tak stabil, menjadi keluhan banyak orang karena tiktok menjadi lemot. Dengan mencari sinyal yang stabil dan mencari tempat dengan sinyal terbaik, kamu tak akan pernah lemot menggunakan tiktok.

Karena itu, kamu perlu mengganti provider atau wifi yang biasa kamu gunakan. Agar, kamu bisa leluasa menggunakan tiktok tanpa hambatan dan internet yang lancar jaya. Tentunya, ada harga juga ada kualitas, lho.

Baca Juga:   6 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara 2023

1.    Ganti Smartphone yang Lebih Mumpuni

Nah, jika dirasa aplikasi tiktok terlalu besar sehingga menambah kinerja smartphone kamu kamu wajib ganti smartphone deh. Karena, jika kamu terus-menerus menggunakan aplikasi tiktok tanpa memperhatikan kinerja smartphone maka smartphone yang kamu gunakan akan cepat rusak dan lowbat.

Kamu juga bisa memilih smartphone kelas menengah dengan merek-merek terkenal seperti Samsung, Xiaomi dan Oppo. Dengan memilih smartphone yang lebih mumpuni, kamu tak akan lagi kesal karena tiktok selalu lemot.

Itulah alasan dan cara mengatasi kenapa tiktok lemot. Pengguna aplikasi terbesar ini menjadi aplikasi yang ramai dan banyak digunakan di dunia maya. Untuk itu, kamu memerlukan smartphone terbaik dengan spesifikasi menengah agar produktivitas di tiktok selalu lancar.

Tak hanya digunakan untuk berkumpulnya para anak muda, namun tiktok saat ini menjadi salah satu sosial media yang banyak diminati karena memiliki beragam informasi menarik dan menjadi media promosi yang efektif. Nah, untuk itu jika kamu pengguna tiktok kamu bisa memanfaatkan sosial media ini dengan baik dan bijak ya!

Tinggalkan Komentar

Iklan