Video menjadi salah satu media yang paling populer di era digital ini. Tidak heran jika kebanyakan orang lebih memilih menonton video daripada membaca artikel atau berita. Namun, video memiliki ukuran file yang cukup besar sehingga sulit untuk diunggah dan diunduh di internet. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan teknik kompresi video terbaru yang dapat mengurangi ukuran file video tanpa mengurangi kualitas video.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengompres video. Di bawah ini, akan dijelaskan cara Mudah kompres video terbaru. Silahkan simak baik baik

Cara Memperkecil Ukuran Video Terbaru

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengompres atau memperkecil ukuran video anda. Berikut caranya.

1. Menggunakan Perangkat Lunak Kompresi

Salah satu cara termudah untuk mengompres video adalah dengan menggunakan perangkat lunak kompresi. Ada banyak perangkat lunak kompresi yang tersedia secara online, seperti TinyPNG, Kraken, dan Compressor.io. Perangkat lunak ini dapat memperkecil ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar atau video.

2. Mengubah Ukuran Video

Cara lain untuk mengompres foto dan video adalah dengan mengubah ukuran gambar dan video. Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu pemuatan halaman.

Dengan mengubah ukuran gambar atau video menjadi lebih kecil, ukuran file juga akan lebih kecil. Anda dapat menggunakan perangkat lunak editor foto atau video seperti Adobe Photoshop atau Adobe Premiere Pro untuk mengubah ukuran gambar atau video.

Baca Juga:   2 Cara Mudah Transfer AXIS ke XL lewat Terbaru 2023

3. Memilih Format File yang Tepat

Format file juga mempengaruhi ukuran file video. Ada beberapa format file yang lebih kecil dari format lainnya. Misalnya, format gambar JPEG lebih kecil daripada format gambar PNG. Format video MP4 juga lebih kecil daripada format video AVI atau MOV. Dengan memilih format file yang tepat, ukuran file akan lebih kecil.

4. Memilih Resolusi yang Tepat

Resolusi juga mempengaruhi ukuran file video. Semakin tinggi resolusi, semakin besar ukuran file. Anda harus memilih resolusi yang tepat tergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengunggah foto ke media sosial, resolusi 1080p sudah cukup.

Namun, jika Anda ingin mengunggah video ke YouTube, resolusi 4K akan lebih baik. Dengan memilih resolusi yang tepat, ukuran file akan lebih kecil dan kualitas gambar atau video tetap terjaga.

5. Menghapus Metadata yang Tidak Diperlukan

Metadata adalah informasi yang tersimpan dalam file gambar atau video, seperti tanggal, waktu, lokasi, dan lainnya. Metadata dapat memengaruhi ukuran file, terutama jika metadata tersebut sangat detail. Anda dapat menghapus metadata yang tidak diperlukan untuk mengurangi ukuran file.

Cara Memperkecil Ukuran Video Menggunakan Aplikasi

Selain 5 Cara Kompres Video diatas, anda juga dapat menggunkan aplikasi yang tersedia di playstor yang ada di HP anda.

1. Aplikasi Panda

Panda adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan kompresi video dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara kompres video menggunakan aplikasi Panda:

  • Download dan install aplikasi Panda di perangkat Anda.
  • Buka aplikasi Panda di perangkat Anda dan pilih opsi “Kompresi Video”.
  • Pilih video yang ingin Anda kompres dan tambahkan ke aplikasi Panda.
  • Pilih ukuran dan kualitas output yang Anda inginkan untuk video yang akan dikompres.
  • Pilih opsi “Kompresi Sekarang” untuk memulai proses kompresi video.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai.
Baca Juga:   3 Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel dengan Mudah

Setelah proses kompresi selesai, pilih opsi “Simpan” untuk menyimpan video yang sudah dikompres.
Pastikan Anda memilih ukuran dan kualitas output yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan perangkat yang akan digunakan untuk memutar video. Semakin rendah ukuran dan kualitas output yang Anda pilih, semakin kecil ukuran file video yang akan dihasilkan. Namun, perlu diingat bahwa semakin rendah kualitas output yang dipilih, semakin menurun pula kualitas video yang dihasilkan.

2. Aplikasi Video Compress

Berikut adalah langkah-langkah kompres video menggunakan aplikasi Video Compress:

  • Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi Video Compress pada perangkat Anda. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi Video Compress.
  • Pilih video yang ingin Anda kompres dengan menekan tombol “Select Video”.
  • Setelah memilih video, aplikasi akan menampilkan ukuran file asli dan ukuran file yang dapat dicapai setelah dikompresi.
  • Selanjutnya, pilih ukuran kompresi yang Anda inginkan dengan menekan tombol “Compression Size”. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan ukuran file, atau menyesuaikan ukuran kompresi secara manual.
  • Setelah memilih ukuran kompresi, tekan tombol “Compress” untuk memulai proses kompresi.
  • Tunggu sampai proses kompresi selesai. Durasi proses tergantung pada ukuran file video asli dan kualitas jaringan internet Anda.
  • Setelah selesai, aplikasi akan menampilkan ukuran file hasil kompresi. Anda dapat mengecek hasil kompresi dengan memutar video yang telah dikompres.
  • Terakhir, tekan tombol “Save” untuk menyimpan video hasil kompresi ke perangkat Anda.
Baca Juga:   Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi Terbaru 2023, Pasti Berhasil!

3. Aplikasi VidCompact

Berikut adalah Cara memperkecil ukuran video menggunakan VidCompact atau Aplikasi Konverter & Kompresor Video

  • Silahkan download VidCompact nya di playstor terlebih dahulu
  • Jika sudah di download, silahkan buka palikasinya dan pilih menu Trim & Compress
  • Setelah itu pilih video yang ingin anda kompres
  • Setelah itu pilih resolusi video sesuai keingin anda
  • Jika sudah, silahkan klik icon Kompress video dan simpan.
  • Tunggu Proses pengopresannya
  • Selesai

Mengompres video adalah cara yang efektif untuk mengurangi ukuran file dan mempercepat waktu pemuatan halaman. Dengan menggunakan perangkat lunak kompresi dn aplikasi kompres, mengubah ukuran video, memilih format file yang tepat, memilih resolusi yang tepat, dan menghapus metadata yang tidak diperlukan, Anda dapat mengompres video dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Iklan