Spesifikasi dan Harga Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah ultrabook kelas atas dengan layar OLED 13,3 inci yang menawarkan kualitas gambar dan akurasi warna yang sangat baik. Panel OLED juga memberikan warna hitam pekat dan kontras tinggi, menjadikannya pilihan ideal untuk menonton film dan video.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-11, yang dipasangkan dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan solid-state hingga 1TB. Kombinasi perangkat keras ini memberikan kinerja luar biasa untuk tugas komputasi sehari-hari dan aplikasi yang lebih menuntut seperti pengeditan foto dan video.

Zenbook 13 OLED juga menampilkan desain ramping dan bergaya, dengan profil ramping dan sasis paduan magnesium-aluminium tahan lama yang beratnya hanya 2,45 pon. Laptop ini juga memiliki keyboard dengan lampu latar, touchpad presisi, dan berbagai port, termasuk Thunderbolt 4, USB-A, HDMI, dan pembaca kartu microSD.

Fitur lain dari ASUS Zenbook 13 OLED termasuk Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, webcam HD, dan sensor sidik jari untuk login yang aman. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang lama hingga 16 jam, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi para profesional dan pelajar yang membutuhkan laptop yang dapat bertahan sepanjang hari.

Secara keseluruhan, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah ultrabook berkualitas tinggi yang menawarkan performa luar biasa, layar OLED cantik, serta desain ramping dan portabel. Namun, harganya mahal, jadi ini mungkin bukan pilihan terbaik bagi pengguna yang sadar anggaran.

Spesifikasi dan Harga ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) Terbaru

Spesifikasi dan Harga ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) Terbaru
Image: © Future

Desain Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

Desain ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah salah satu kekuatannya. Laptop ini memiliki bentuk yang ramping dan ringan dengan ketebalan hanya 13,9 mm dan berat hanya 1,07 kg. Bingkai layar laptop ini sangat tipis, memberikan tampilan yang lebih luas pada layar 13,3 inci. Laptop ini memiliki bahan aluminium berkualitas tinggi, memberikan tampilan yang premium dan kokoh.

Desain ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga dilengkapi dengan engsel ErgoLift yang membuat posisi keyboard menjadi sedikit dimiringkan saat dibuka, sehingga meningkatkan kenyamanan dalam mengetik dan memungkinkan aliran udara yang lebih baik untuk pendingin. Terdapat juga keyboard dengan pencahayaan latar yang dapat menyesuaikan kecerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar, dan touchpad dengan ukuran besar yang sangat responsif.

Laptop ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, yaitu biru langit dan hitam. Dengan desain yang elegan, ringan, dan ramping, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah laptop yang cocok untuk pengguna yang mencari laptop yang dapat digunakan dengan mudah dan mudah dibawa-bawa.

Layar Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) menampilkan layar OLED 13,3 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Layar ini memiliki aspek rasio 16:9 dan kerapatan piksel sebesar 166 PPI, memberikan tampilan yang tajam dan jelas.

Keunggulan utama dari layar OLED adalah kemampuannya untuk menampilkan warna yang lebih kaya dan kontras yang lebih tinggi dibandingkan dengan layar LCD tradisional. Ini karena OLED tidak memerlukan lapisan penerangan belakang, sehingga dapat menampilkan hitam yang lebih dalam dan warna yang lebih hidup.

Baca Juga: Canggih! Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo Terbaru 2023

Selain itu, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga dilengkapi dengan teknologi ASUS Splendid yang dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, dan warna layar untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Laptop ini juga memiliki fitur anti-glare, yang membantu mengurangi pantulan dan refleksi cahaya, membuat tampilan layar tetap jelas bahkan di bawah cahaya yang terang.

Dengan layar OLED yang indah, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah laptop yang cocok untuk kegiatan seperti menonton film, menampilkan presentasi, atau bekerja dengan aplikasi kreatif yang memerlukan tampilan warna yang akurat.

Performa ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) memiliki performa yang cukup kuat untuk menangani kebutuhan komputasi sehari-hari. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1135G7 atau Core i7-1165G7 generasi ke-11 terbaru, yang memiliki kecepatan dasar 2,4 GHz dan kecepatan turbo hingga 4,7 GHz. Prosesor ini didukung oleh RAM DDR4 8GB atau 16GB, tergantung pada varian yang dipilih. Dalam hal penyimpanan, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan SSD NVMe PCIe 3.0 x2 dengan kapasitas 512GB atau 1TB.

Dengan kombinasi prosesor dan RAM yang kuat, laptop ini mampu menangani aplikasi kantor, browsing web, dan multitasking dengan lancar. Laptop ini juga cukup baik untuk bekerja dengan aplikasi yang memerlukan kinerja grafis, seperti Adobe Photoshop atau Premiere, berkat kartu grafis Intel Iris Xe yang terintegrasi.

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga memiliki fitur pendinginan yang canggih, termasuk fan yang disesuaikan dengan kecepatan berdasarkan suhu dan beban kerja, serta pendingin tipe heat pipe yang membantu menjaga suhu tetap stabil dan mencegah terjadinya throttling.

Kemampuan baterai ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga cukup baik, dengan baterai 67 Wh yang dapat bertahan hingga 13 jam penggunaan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bekerja atau bermain selama sehari penuh tanpa perlu mengisi daya.

Secara keseluruhan, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah laptop yang handal dengan performa yang cukup kuat dan tahan lama baterainya. Laptop ini cocok untuk penggunaan sehari-hari, termasuk produktivitas dan multimedia.

Port dan Konektivitas Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan port dan konektivitas yang cukup lengkap untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari. Berikut adalah daftar port dan konektivitas pada laptop ini:

  1. 2 x USB 3.2 Gen 2 Type-C (Thunderbolt 4)
  2. 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  3. 1 x HDMI 2.0b
  4. 1 x MicroSD card reader
  5. 1 x Audio jack

Dua port USB Type-C pada laptop ini mendukung teknologi Thunderbolt 4, yang memungkinkan transfer data hingga 40 Gbps dan dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat seperti monitor eksternal, docking station, atau hard drive eksternal. Port USB Type-A juga berguna untuk menghubungkan perangkat USB yang lebih lama.

Port HDMI 2.0b memungkinkan pengguna untuk menghubungkan laptop ke layar eksternal dengan resolusi hingga 4K, sementara slot kartu MicroSD memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan atau mentransfer file dari dan ke laptop dengan cepat.

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet dan perangkat lain dengan cepat dan stabil.

Dalam keseluruhan, port dan konektivitas yang disediakan pada ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) sangat memadai dan cocok untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, baik untuk produktivitas atau hiburan.

Baterai Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan baterai Lithium-Polymer dengan kapasitas 67 Wh yang cukup besar untuk ukuran laptop dengan ukuran 13 inci. Baterai ini dapat bertahan hingga 13 jam penggunaan, tergantung pada penggunaan laptop.

ASUS juga menyediakan fitur fast charging pada laptop ini, sehingga baterai dapat terisi penuh hanya dalam waktu 49 menit. Dengan teknologi fast charging ini, pengguna dapat memulai bekerja atau bermain lagi dengan cepat setelah mengisi daya baterai.

Selain itu, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga dilengkapi dengan fitur battery health charging, yang dapat memperpanjang umur baterai dengan membatasi pengisian daya hingga 60% saat laptop digunakan terhubung ke listrik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan kesehatan baterai dan memperpanjang umur baterai laptop.

Secara keseluruhan, baterai ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) cukup tahan lama dan dapat bertahan sepanjang hari, yang membuat laptop ini cocok digunakan untuk bekerja atau bermain di luar ruangan atau saat bepergian jauh.

Fitur tambahan Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang dapat meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna. Beberapa fitur tambahan tersebut antara lain:

  • ScreenPad 2.0 – ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan layar touchpad yang dapat berfungsi sebagai layar kedua. Layar ini dapat digunakan untuk menampilkan aplikasi tambahan atau mengontrol media tanpa mengganggu tampilan pada layar utama.
  • IR camera – Laptop ini dilengkapi dengan kamera IR untuk pengenalan wajah dan login Windows Hello. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuka laptop hanya dengan menggunakan wajah tanpa perlu memasukkan password.
  • NumberPad 2.0 – ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan fitur NumberPad, yang dapat diaktifkan pada touchpad. Fitur ini berguna bagi pengguna yang membutuhkan keypad numerik untuk bekerja.
  • ASUS WiFi Master Premium – Laptop ini dilengkapi dengan teknologi ASUS WiFi Master Premium, yang dapat meningkatkan kecepatan dan jangkauan WiFi. Dengan fitur ini, pengguna dapat terhubung ke jaringan WiFi dengan cepat dan stabil.
  • Audio – ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan speaker stereo Harman Kardon dan teknologi ASUS SonicMaster, yang dapat meningkatkan kualitas suara. Fitur ini berguna bagi pengguna yang membutuhkan laptop dengan kualitas suara yang baik untuk bekerja atau menonton film.

Spesifikasi Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS Zenbook 13 OLED (UX325):

Prosesor:

  • Intel Core i7-1165G7 Processor
  • Intel Core i5-1135G7 Processor

Sistem Operasi:

  • Windows 10 Home

Display:

  • OLED 13.3 inci (3,840 x 2,160 piksel)
  • 4-way NanoEdge display with 88% screen-to-body ratio
  • TUV Rheinland-certified for low blue-light emissions

Grafis:

  • Intel Iris Xe Graphics

Memori:

  • 8GB / 16GB 4266 MHz LPDDR4X onboard

Storage:

  • 512GB / 1TB PCIe 3.0 NVMe SSD

Kamera:

  • IR camera with Windows Hello support

Wireless:

  • Wi-Fi 6 (802.11ax)
  • Bluetooth 5.0
  • Port dan konektivitas:
  • 2 x Thunderbolt 4 USB-C
  • 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1 x HDMI 2.0b
  • MicroSD card reader

Audio:

  • Harmon Kardon-certified audio system
  • Array microphone with Cortana voice-recognition support
  • 3.5mm headphone jack

Baterai:

  • 67Wh lithium-polymer battery
  • Fast charging: 60% in 49 minutes
  • Battery health charging

Dimensi:

  • 304 x 203 x 13.9 mm

Berat:

  • 1.07 kg
Baca Juga:   Lenovo Yoga Terbaik: Pilihan Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Anda

Fitur Tambahan:

  • ScreenPad 2.0
  • NumberPad 2.0
  • ASUS WiFi Master Premium
  • ASUS SonicMaster stereo audio system

Harga Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

  • Intel Core i5-1135G7 Processor/8G/512G PCIE/OLED FHD – Rp 15.999.000
  • Intel Core i7-1165G7 Processor/16G/512G PCIE/OLED FHD – Rp 18.199.000

Kelebihan Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Layar OLED: Kelebihan utama dari ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah layar OLED. Layar OLED menawarkan warna yang lebih kaya, kontras yang lebih tinggi, dan hitam yang lebih dalam daripada layar IPS atau TN. Selain itu, layar OLED juga lebih hemat daya, karena setiap piksel dapat dinyalakan atau dimatikan secara independen, sehingga tidak memerlukan backlight.
  • Desain yang ringkas dan ringan: ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dirancang dengan desain yang ringkas dan ringan, dengan ketebalan hanya 13,9 mm dan berat hanya 1,07 kg. Hal ini membuat laptop ini mudah dibawa-bawa dan cocok untuk pengguna yang sering bepergian.
  • Performa yang powerful: ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 atau i5 generasi ke-11, yang menawarkan performa yang powerful dan efisien. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan grafis Intel Iris Xe, yang menawarkan kinerja grafis yang cukup baik.
  • Baterai yang tahan lama: ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan baterai 67Wh yang dapat bertahan hingga 16 jam dengan sekali pengisian. Selain itu, laptop ini juga mendukung fitur fast charging, sehingga dapat diisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit.
  • Fitur tambahan yang canggih: ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang canggih, seperti ScreenPad 2.0, NumberPad 2.0, IR camera, dan ASUS WiFi Master Premium. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna saat bekerja atau bermain.

Kekurangan Laptop ASUS Zenbook 13 OLED (UX325)

Meskipun ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) memiliki banyak kelebihan, namun seperti halnya produk teknologi lainnya, laptop ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Tidak ada port USB-A tambahan: Laptop ini hanya dilengkapi dengan satu port USB-A dan dua port Thunderbolt 4 USB-C. Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi pengguna yang membutuhkan lebih dari satu port USB-A untuk menghubungkan perangkat-perangkat legacy.
  • Tidak ada opsi GPU diskret: ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) hanya dilengkapi dengan grafis terintegrasi Intel Iris Xe. Hal ini mungkin tidak cukup untuk pengguna yang membutuhkan kinerja grafis yang lebih tinggi, seperti para desainer grafis atau gamer.
  • Layar tidak dapat dirotasi 360 derajat: Layar laptop ini hanya dapat dibuka sampai sudut 135 derajat. Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi pengguna yang membutuhkan layar yang dapat dirotasi 360 derajat untuk digunakan dalam mode tablet atau tent mode.
  • Harga yang relatif mahal: Meskipun memiliki spesifikasi yang cukup lengkap, harga ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) tergolong cukup mahal. Hal ini mungkin menjadi kendala bagi pengguna yang memiliki budget terbatas.

ASUS Zenbook 13 OLED (UX325) adalah laptop ultraportable yang sangat menarik dengan layar OLED yang menakjubkan dan spesifikasi yang cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari. Desainnya ramping dan elegan dengan fitur yang berguna seperti fingerprint sensor dan webcam 3D IR HD. Harga laptop ini tergolong cukup terjangkau untuk pengguna yang membutuhkan laptop ultraportable dengan kualitas layar yang sangat baik.

Tinggalkan Komentar

Iklan