Perbedaan MacBook Air dan MacBook Pro Terbaru – Kedua MacBook Pro dan MacBook Air adalah laptop yang diproduksi oleh Apple, namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal fitur dan spesifikasi.

MacBook Pro adalah laptop yang lebih canggih dan powerful, yang dirancang untuk tugas-tugas berat seperti editing video, pengolahan gambar, dan pemrograman. MacBook Pro dilengkapi dengan prosesor yang lebih kuat, RAM yang lebih besar, dan grafis yang lebih baik. Selain itu, MacBook Pro memiliki layar Retina dengan resolusi lebih tinggi dan dukungan untuk Touch Bar, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi-fungsi tertentu dengan mudah.

Sementara itu, MacBook Air adalah laptop yang lebih ringan dan portabel, yang cocok untuk pengguna yang lebih mobile. MacBook Air memiliki desain yang lebih ramping dan ringan, dengan ketebalan hanya 0,63 inci dan berat hanya sekitar 2,8 pound. Namun, MacBook Air memiliki spesifikasi yang lebih rendah daripada MacBook Pro, seperti prosesor yang lebih lemah, RAM yang lebih sedikit, dan grafis yang lebih rendah. Meski demikian, MacBook Air tetap memiliki performa yang cukup baik untuk tugas-tugas sehari-hari seperti browsing web, pengolahan dokumen, dan email.

Dalam hal harga, MacBook Air biasanya lebih terjangkau daripada MacBook Pro. Namun, tergantung pada spesifikasi yang dipilih, MacBook Pro juga dapat lebih mahal.

Secara keseluruhan, MacBook Pro dan MacBook Air masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan pengguna. Jika Anda memerlukan laptop yang lebih powerful untuk tugas-tugas berat, maka MacBook Pro adalah pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda lebih membutuhkan portabilitas dan kepraktisan, maka MacBook Air mungkin lebih cocok untuk Anda

Perbedaan MacBook Pro dan MacBook Air Terbaru

Perbedaan MacBook Pro dan MacBook Air Terbaru
Perbedaan MacBook Air dan Pro. Foto: Ist/Net

MacBook Pro dan MacBook Air keduanya adalah mesin yang membuat nama MacBook. Bandingkan MacBook Pro dan MacBook Air dengan Dien May Xanh untuk melihat mana yang paling cocok!

1. Desain

MacBook Air dan Pro sama-sama mengusung desain khasnya dengan tekstur logam monolitik yang mewah dan keduanya memiliki 2 pilihan warna dasar, Gray dan Silver, namun MacBook Air memiliki pilihan warna Gold yang eye catching..

Namun, kedua model tersebut tetap mengusung beberapa detail yang berbeda, MacBook Air dianggap sebagai model MacBook Air yang paling cantik dan mengesankan dengan desain miring, sehingga terlihat ringan, fleksibel, dan mudah digenggam. .

Portabilitas adalah elemen penting dari filosofi desain Apple, dan hingga hari ini, MacBook Air tetap menjadi yang terdepan dalam laptop tertipis dan teringan dengan berat sekitar 1,25kg dan lebar 0,61 inci.

Meskipun MacBook Pro tidak sekompak dan senyaman MacBook Air, MacBook Pro juga memiliki desain yang ringkas (tebal 0,59 inci dan lebar 11,97 inci). Secara keseluruhan, MacBook Air masih menjadi laptop paling portabel di dunia.

MacBook Pro versi 2021 memiliki bingkai layar yang lebih tipis dan desain takik untuk kluster kamera. Diprediksi MacBook Air versi 2022 juga akan memiliki desain serupa, membuat tampilan lebih lapang.

Hasilnya: MacBook Air lebih portabel, MacBook Pro memiliki bezel yang lebih tipis

Lihat produk MacBook Air M2 dan MacBook Pro M2 asli murah dengan banyak penawaran menarik. Kunjungi situs web sekarang untuk detail lebih lanjut.

2. Visibilitas

Baik lini MacBook Pro dan MacBook Air saat ini dilengkapi dengan layar Retina beresolusi tinggi, warna tampilan menarik, dan kontras tinggi.

Baca Juga:   Harga Charger Lenovo Ideapad 110: Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Pengisian Daya Laptop Anda

Namun, MacBook Pro memiliki kecerahan layar 100 nits lebih tinggi daripada MacBook Air. Sebaliknya, MacBook Air memberikan rendering warna yang lebih baik, rentang warna yang lebih luas dan lebih akurat.

Hasil: Sama

3. Port sambungan

Baik MacBook Air dan Pro menawarkan port USB-C yang kompatibel dengan Thunderbolt 3. Port ini dapat melakukan berbagai tugas, termasuk pengisian daya berkecepatan tinggi dan transfer data.

Jika Anda menginginkan banyak port, MacBook Air bukanlah pilihan terbaik. MacBook Air hanya memiliki dua port Thunderbolt 3 di sisi kiri, sehingga membatasi jumlah aksesori yang dapat Anda gunakan sekaligus. Mirip dengan MacBook Pro 13 inci, yang hanya memberi Anda dua port Thunderbolt 3.

Baca Juga: Ini Dia 20 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Auto Lancar Kembali

MacBook Pro 14 inci dan 16 inci menawarkan 4 port konektivitas (2 di setiap sisi), termasuk tiga port Thunderbolt 4, satu port HDMI, slot Kartu SD, dan dukungan untuk pengisian cepat melalui port MagSafe, menghemat waktu siaga. dan sambungkan ke TV atau monitor eksternal melalui port HDMI.

Hasil: MacBook Pro menang.

4. Keyboard

Baik MacBook Air dan Pro menawarkan keyboard Ajaib Apple, memberikan kinerja dan kenyamanan yang kuat.

MacBook Air tidak memiliki Touch Bar, layar sentuh kecil dan panjang yang menggantikan deretan tombol fungsi di bagian atas keyboard. Meskipun MacBook Pro 13 inci memilikinya, stik OLED ini benar-benar tidak menawarkan banyak nilai.

MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci telah menghilangkan Touch Bar untuk deretan tombol fungsi F termasuk: Spotlight, Siri, Dictation, dan Do Not Disturb untuk membantu Anda menjalankan perintah on/off yang cepat dan nyaman.

5. Kinerja

Dibandingkan dengan MacBook Air, MacBook Pro menunjukkan kinerja yang lebih luar biasa dengan kartu grafis terpisah, kapasitas RAM (minimal 8GB) dan hard drive yang lebih besar (minimal 2 TB), prosesor yang lebih kuat (minimal 4 core).

MacBook Pro jelas merupakan pilihan yang masuk akal bagi pengguna yang perlu menjalankan banyak aplikasi sekaligus dan tugas berat seperti pengeditan audio, video, atau desain grafis.

Meskipun MacBook Air memiliki kinerja yang lebih lemah (prosesor 2 inti, kapasitas RAM lebih rendah, hard drive 1 TB), mesin ini masih menangani sebagian besar tugas sehari-hari dan melakukan pemrosesan gambar pada level tinggi.

Hasil: MacBook Pro menang.

6. Kapasitas baterai

Mengenai masa pakai baterai pada kedua model, MacBook Pro sedikit di belakang MacBook Air tetapi masih pada level yang layak. Dalam sebuah pengujian, MacBook Pro mampu bertahan lebih dari 10 jam dalam loop video dan 5 jam 3 menit di browser web.

Sementara itu, masa pakai baterai MacBook Air memungkinkan 8 jam browsing web ringan dan 10 jam pemutaran video. Ini sedikit lebih baik daripada Pro dan bisa dibilang masa pakai baterai terbaik dari komputer mana pun di pasaran.

Apple telah melakukan beberapa perubahan pada MacBook Air 2018, yaitu baterai lebih mudah diganti, tetapi Anda harus membawa mesin ke Apple Store untuk menanganinya. Dalam jangka panjang, ini bisa memberi Air umur yang sedikit lebih lama daripada lini MacBook Pro.

Hasil: MacBook Air menang

7. Suara

MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci menawarkan suara stereo yang bagus (yang terakhir memiliki jangkauan yang lebih dinamis).

Baca Juga:   Lenovo Ideapad Slim 3 Ryzen 3 4300U Harga - Laptop Terbaik untuk Para Pelajar dan Profesional

MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dilengkapi dengan sistem enam speaker yang mencakup 4 woofer pembatalan paksa untuk suara yang lebih dalam, menyebarkan musik ke seluruh ruangan dengan bass hingga 80% lebih banyak, 2 speaker Tweeter performa tinggi menghasilkan suara yang lebih jernih , vokal lebih bersemangat. Selain itu, MacBook Pro baru mendukung Dolby Atmos di speaker, bukan hanya di headphone.

Hasil: MacBook Pro menang.

8. Harga

Dari segi harga, MacBook Air lebih murah dari MacBook Pro dengan harga mulai dari $999 sedangkan MacBook Pro versi 3 13 inci, 14 inci dan 16 inci memiliki harga yang sedikit lebih tinggi yaitu $1.299, 1.999, masing-masing.$ dan $2.499.

MacBook Air bisa dibilang lebih menguntungkan dari segi performa dibandingkan MacBook Pro 13 inci karena Pro 13 inci hanya memberi Anda masa pakai baterai lebih lama.

Harga MacBook Pro 14 inci melonjak dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inci, berkat chip M1 Pro, layar LED mini 14 inci, kecepatan refresh 120Hz, bentuk webcam 1080p, dan lebih banyak port.

Sehingga, dengan konfigurasi dan performa yang tidak terlalu kalah dengan MacBook Pro versi termurah, MacBook Air menunjukkan keunggulan harga.

Hasil: MacBook Air menang

TopZone memperdagangkan banyak lini produk Apple asli seperti MacBook Pro, MacBook Air, iMac, Mac mini. Kunjungi Situs Web Sekarang!

9. Haruskah saya membeli Macbook Air atau MacBook Pro?

MacBook Air

Layar tampilan:

  • 13,3 inci (2560 x 1600)
  • Model 2017 – 2018 memiliki resolusi layar 1440 x 900 saja.

Penyambung:

  • 2 x Thunderbolt 3 (USB-C)

Papan ketik:

  • Tidak ada Touch Bar.

Pertunjukan:

  • Performanya lebih lemah, tetapi masih menangani sebagian besar tugas sehari-hari dan melakukan pemrosesan gambar ringan.

Kapasitas baterai:

  • Baterai bagus, kerbau.

Suara:

  • Speaker stereo, dukungan Dolby Atmos

MacBook Pro

Layar tampilan:

– Termasuk 3 pilihan

  • 13 inci
  • 14 inci
  • 16 inci

Penyambung:

  • Berbagai jenis port USB.

Papan ketik:

  • Dukungan Touch Bar tersedia.

Pertunjukan:

  • Perangkat keras dan kinerja yang lebih baik, cocok untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain.

Kapasitas baterai:

  • Baterai sangat baik.

Suara:

  • 6 speaker, mendukung Dolby Atmos

Kelebihan dan kekurangan MacBook Air

MacBook Air adalah salah satu seri laptop ringan dan tipis dari Apple. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan MacBook Air:

Kelebihan MacBook Air:

  1. Desain: MacBook Air memiliki desain yang sangat ramping dan ringan sehingga sangat mudah dibawa-bawa. Desainnya yang elegan dan modern menjadikannya laptop yang sangat menarik.
  2. Baterai: MacBook Air memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, memungkinkan Anda untuk menggunakan laptop ini selama berjam-jam tanpa perlu mengisi daya.
  3. Layar: MacBook Air dilengkapi dengan layar Retina yang berkualitas tinggi dan menghasilkan warna yang sangat akurat. Layarnya juga memiliki bezel yang sangat tipis, sehingga memberikan tampilan yang lebih luas.
  4. Kinerja: Meskipun MacBook Air tidak sekuat MacBook Pro, laptop ini tetap memiliki kinerja yang baik dan dapat digunakan untuk pekerjaan ringan seperti pengeditan dokumen, menjelajah web, dan penggunaan media sosial.
  5. Harga: MacBook Air adalah laptop yang lebih terjangkau dibandingkan dengan MacBook Pro, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pengguna yang mencari laptop Apple dengan harga yang lebih terjangkau.

Kekurangan MacBook Air:

  1. Port: MacBook Air hanya dilengkapi dengan beberapa port, seperti USB-C dan Thunderbolt. Hal ini membutuhkan adapter tambahan untuk menghubungkan perangkat yang lebih tua.
  2. Kinerja: Meskipun kinerjanya cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, MacBook Air kurang cocok untuk pekerjaan yang lebih berat seperti pengeditan video atau desain grafis.
  3. Upgrade: Seperti MacBook Pro, banyak bagian dari MacBook Air yang tidak dapat di-upgrade, seperti RAM dan penyimpanan. Hal ini membatasi kemampuan pengguna untuk memperbaiki atau meningkatkan laptop mereka.
  4. Keyboard: Keyboard MacBook Air menggunakan mekanisme yang sama dengan MacBook Pro, yaitu “Butterfly” yang kontroversial, yang bisa menimbulkan masalah seperti ketik yang tidak responsif atau rusak.
  5. Sistem operasi: Seperti MacBook Pro, MacBook Air menggunakan sistem operasi MacOS yang memiliki pembatasan tertentu.
Baca Juga:   ThinkBook 13s Harga: Laptop Bisnis Terjangkau dengan Fitur Unggulan

Meskipun MacBook Air memiliki kekurangan tertentu, laptop ini tetap menjadi pilihan yang populer bagi pengguna yang mencari laptop Apple yang tipis, ringan, dan terjangkau.

Kelebihan dan kekurangan MacBook Pro

MacBook Pro adalah laptop premium dari Apple yang populer di kalangan pengguna profesional, kreatif, dan pengguna umum. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan MacBook Pro:

Kelebihan MacBook Pro:

  1. Desain: MacBook Pro memiliki desain yang elegan dan ramping dengan bahan yang berkualitas tinggi. Hal ini membuat laptop ini terlihat sangat menarik dan premium.
  2. Kinerja: MacBook Pro dilengkapi dengan prosesor Intel atau Apple M1 yang sangat cepat dan kuat. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk penggunaan profesional seperti desain grafis, pengeditan video, dan pengembangan perangkat lunak.
  3. Layar Retina: MacBook Pro dilengkapi dengan layar Retina yang sangat berkualitas tinggi. Layar ini memiliki resolusi yang sangat tinggi dan menghasilkan warna yang sangat akurat.
  4. Keamanan: MacBook Pro dilengkapi dengan teknologi keamanan yang canggih seperti Touch ID dan chip T2 yang membantu menjaga keamanan data Anda.
  5. Daya tahan baterai: MacBook Pro memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, memungkinkan Anda untuk menggunakan laptop ini selama berjam-jam tanpa perlu mengisi daya.

Kekurangan MacBook Pro:

  1. Harga: MacBook Pro adalah laptop premium dengan harga yang sangat mahal dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Hal ini membuatnya sulit dijangkau bagi beberapa orang.
  2. Port: MacBook Pro hanya dilengkapi dengan beberapa port, seperti USB-C dan Thunderbolt. Hal ini membutuhkan adapter tambahan untuk menghubungkan perangkat yang lebih tua.
  3. Keyboard: Keyboard MacBook Pro menggunakan mekanisme “Butterfly” yang kontroversial, yang bisa menimbulkan masalah seperti ketik yang tidak responsif atau rusak.
  4. Upgrade: Banyak bagian dari MacBook Pro yang tidak dapat di-upgrade, seperti RAM dan penyimpanan. Hal ini membatasi kemampuan pengguna untuk memperbaiki atau meningkatkan laptop mereka.
  5. Sistem operasi: Sistem operasi MacOS yang digunakan pada MacBook Pro memiliki pembatasan tertentu, seperti kurangnya dukungan untuk beberapa perangkat lunak dan game yang tersedia di platform lain.

Meskipun MacBook Pro memiliki kelemahan tertentu, namun laptop ini tetap menjadi pilihan populer bagi pengguna yang mencari laptop yang cepat, kinerja tinggi, dan desain yang elegan.

MacBook Pro dan MacBook Air adalah dua laptop yang populer dari Apple. Kedua laptop ini memiliki fitur-fitur yang unggul dan cocok untuk kebutuhan yang berbeda. Jika Anda membutuhkan laptop untuk kegiatan profesional dan kreatif, maka MacBook Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda membutuhkan laptop untuk kegiatan sehari-hari, maka MacBook Air bisa menjadi pilihan yang lebih ringan dan mudah dibawa-bawa.

Tinggalkan Komentar

Iklan