Seputar.CO.ID – Bagi Anda yang ingin membuat website atau membuat blog Anda bisa lebih mendatangkan keuntungan, disarankan untuk menggunakan alamat URL yang sudah berdomain. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari website atau blog berdomain adalah lebih banyak mendatangkan pengunjung. Oleh karena itu, yuk simak informasi berikut terkait dengan cek nama domain, sebelum Anda menggunakan domain tersebut untuk website atau blog.

Apa itu Domain dan Bagaimana Cara Cek Nama Domain?

Apa itu Domain dan Bagaimana Cara Cek Nama Domain
Image: pixabay

Domain adalah suatu nama unik yang biasanya diketik pada browser. Tujuan adanya domain adalah untuk mengidentifikasi nama server komputer dan mempermudah dalam mengakses ke situs tertentu. Apabila diibaratkan sebuah rumah, alamat rumah adalah penanda bila ada tamu yang ingin berkunjung. Begitu juga dengan nama domain yang harus Anda butuhkan untuk membangun sebuah website.

1. Jenis Domain

Ada berbagai jenis domain yang paling banyak digunakan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis domain yang harus Anda pahami.

1. Top Level Domain (TLD)

Jenis domain ini adalah jenis domain yang paling tertinggi dan paling banyak digunakan sesuai dengan namanya (Top Level Domain). Adapun nama yang paling sering dipakai adalah .com, .net, .org, .edu. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah organisasi yang mengelola berbagai macam nama domain dengan jenis ini. Termasuk juga daftar domain yang termasuk kategori ccTLD dan gTLD.

2. CCTLD (Country Code Top Level Domain)

Domain jenis ini adalah bagian dari domain TLD. Ciri khas dari penggunaan domain ini adalah adanya dua huruf yang menandakan kode negara tertentu. Misalnya, .id untuk kode Indonesia, .uk untuk kode Inggris dan lain sebagainya. Domain jenis ini biasanya lebih banyak digunakan untuk menargetkan pengunjung dari negara atau wilayah sesuai dengan kode yang dipakai.

Baca Juga:   Fungsi VPS untuk Situs Website yang Wajib Anda Ketahui

3. GTLD (Generic Top Level Domain)

Domain jenis ini termasuk juga bagian dari domain TLD. Ciri khas dari penggunaan domain ini adalah penggunaan nama umum untuk tujuan tertentu. Misalnya, .edu untuk situs atau website edukasi atau pendidikan, .mil untuk militer, .gov untuk pemerintah, .org untuk organisasi, .net untuk layanan internet (IT) yang sekarang bisa digunakan pada semua bidang.

4. Second Level Domain

Domain ini adalah penggambaran secara lebih rinci dari Top Level Domain. Misalnya, .ac.id digunakan untuk bidang pendidikan tepatnya universitas yang ada di dalam negara Indonesia. Ada juga domain .co.id yang menandakan beberapa website perusahaan di Indonesia, dan lain sebagainya.

Cara Cek Nama Domain

Cara Cek Nama Domain
Image: refrez.com

Setelah Anda mengetahui pengertian domain dan jenis-jenisnya, Anda sekarang bisa membuat domain sendiri. Namun, sebelum mendaftarkan nama domain tersebut pada penyedia layanan, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu terkait dengan nama domain yang telah disiapkan. Caranya adalah melalui Who is.

Apa itu Who is?

Who is adalah sebuah situs atau website yang berisikan informasi berbagai macam domain. Anda yang ingin mengecek suatu nama domain, bisa menggunakan situs ini. Anda tinggal membuka situsnya dan masukkan nama domain yang diinginkan.

Baca Juga:   Inilah Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting Yang Harus Diketahui

Setelah itu Anda akan melihat informasi berbagai terkait dengan domain tersebut. Yaitu ketersediaan domain, tanggal kadaluarsa domain, dan pemilik penyedia layanan domain. Seperti nama, informasi kontak, alamat, nomor telepon hingga alamat surel atau email.

Bagi Anda yang ingin cek nama domain melalui situs ini, caranya cukup mudah. Anda tinggal masuk ke situsnya, kemudian masukkan nama domain yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol cari. Tunggulah sebentar dan beberapa saat kemudian, Anda akan mendapatkan informasi tertentu seperti penjelasan sebelumnya.

Tinggalkan Komentar

Iklan