Seputar.CO.ID – Ketika berselancar di dunia maya, mungkin banyak diantara Anda yang penasaran dan tertarik untuk mengetahui siapakah pemilik suatu domain yang sedang dikunjungi. Sebenarnya Anda bisa saja mengetahui nama pemilik domain tersebut secara mudah, dengan menggunakan alat cek domain whois yang bisa ditemukan di internet.

Apa Itu Alat Cek Domain Whois

Bagi Anda yang belum terlalu paham dengan seluk-beluk domain, mungkin tidak akan terlalu familiar  dengan nama Whois Domain. Sebab memang pada dasarnya situs ini tidak terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet. Selain itu, alat ini umumnya lebih banyak digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu. Seperti mencari kontak pemilik website untuk tujuan marketing, dan lainnya.

Secara garis besar, Whois adalah sebuah platform atau situs di internet yang bisa memberikan informasi terkait dengan suatu domain. Beberapa informasi yang bisa dimuat antara lain adalah nama pemilik domain, wilayah registrant domain, dan bahkan juga kontak dari pemilik domain. Seperti email dan nomor telepon yang digunakan untuk registrasi domain.

Oleh karena itu, terkadang Whois Domain bisa digunakan oleh sejumlah kalangan untuk mengetahui informasi-informasi penting pemilik domain, untuk beberapa tujuan. Misalnya saja digunakan untuk marketing, sponsored content, promosi, dan lain sebagainya.

Manfaat Keberadaan Data Whois Domain

Setelah mengetahui penjelasan tentang pengertian dari alat cek domain whois, bahasan lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah tentang fungsi dari pendataan yang dilakukan oleh Whois itu sendiri. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa potensi yang bisa dimanfaatkan dari adanya data Whois.

1. Cek Domain Whois Bisa Digunakan Untuk Melacak Aktivitas Ilegal

Perlu Anda ketahui bahwa Whois mempunyai kemampuan untuk melakukan track spams, phishing scams, dan juga fraud. Hal ini merupakan fitur yang sangat penting untuk melindungi para pengguna internet agar mereka bisa menggunakan internet secara lebih aman dan juga nyaman.

Baca Juga:   Apa Itu Domain dan Hosting? Begini Penjelasannya!

Dengan adanya data Whois ini maka bisa digunakan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kalangan para pengunjung dan pengguna internet. Bukan itu saja, dengan adanya data-data dari Whois ini juga,  maka orang-orang bisa melacak dan mengetahui nama pemilik domain. Sehingga mereka bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Agar Anda bisa mengecek data para pemilik domain yang tidak mengaktifkan Whois Protection.

2. Membantu Menyelesaikan Masalah Kepemilikan Nama Domain

Kelebihan lainnya yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan data-data dari Whois adalah bisa digunakan untuk memantau, terkait dengan kepemilikan suatu nama domain. Menggunakan data dari Whois ini, maka Anda bisa mengetahui kapan domain tersebut didaftarkan, di update, dan bahkan juga kapan akan kadaluarsa.

3. Bisa Digunakan Untuk Memastikan Keunikan Domain

Salah satu bagian penting dari sebuah proses bisnis adalah branding. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih nama-nama domain yang unik dan mudah diingat. Agar bisa meningkatkan nilai branding perusahaan yang Anda miliki.

Baca Juga:   Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Hosting

Dengan adanya fitur pencarian data di Whois ini, akan memungkinkan bagi para pemilik bisnis untuk bisa memilih dan menjaga keunikan dari setiap domain untuk situs website yang mereka miliki. Dengan demikian, reputasi bisnis yang Anda miliki pun akan menjadi semakin meningkat di mata para pelanggan dan calon konsumen yang Anda miliki.

Itulah pembahasan mengenai alat cek domain whois dan juga beberapa fungsi yang dimilikinya. Kini dengan adanya pembahasan yang telah disampaikan tersebut, Anda bisa memahami secara lebih lanjut  terkait dengan seluk-beluk Whois Domain yang merupakan salah satu alat pengecek dari pemilik domain di internet.

Tinggalkan Komentar

Iklan