Seputar.CO.ID – Peluncuran sebuah website tentunya bisa Anda lakukan setelah melengkapi perdataan website, seperti domain dan hosting. Jika Anda sudah memiliki domain dan hosting, Anda harus bisa menghubungkan keduanya dengan cara menghubungkan domain ke hosting seperti pada tutorial di bawah ini.

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang melakukan pembelian domain dan hosting di dua website yang berbeda. Meski begitu, Anda tidak perlu bingung mengenai cara menghubungkan domain dan hosting. Anda bisa melakukannya dengan mudah. Simak ulasan ini baik-baik, ya!

Ingin Tahu Cara Menghubungkan Domain ke Hosting? Ini Penjelasannya!

Sebelum Anda melakukan cara menghubungkan domain ke hosting, pastikan Anda sudah memiliki nama domain dan akun hostingnya. Jika Anda belum memiliki akun hosting website, maka Anda harus mendaftarnya terlebih dahulu, untuk mengaitkannya pada domain yang dimiliki.

Ada dua tahap yang harus Anda lalui, di antaranya mencari tahu nama hosting dan memasukan server nama ke dalam pengaturan register untuk domain Anda. Untuk lebih detailnya, simak uraian di bawah ini.

Baca Juga:   Inilah Cara Cek Nama Domain yang Mudah, Sebelum Membeli

1. Cari Tahu Nama Hosting Website

Tahap pertama dalam cara menghubungkan domain ke hosting adalah mencari tahu nama server hosting website. Dalam mencari tahu nama server yang digunakan untuk hosting website ini, Anda bisa menanyakan langsung dan mencari informasinya melalui email yang dikirimkan oleh hosting kepada Anda, di saat Anda membeli hosting tersebut.

Jika Anda tidak mendapatkan informasinya, Anda bisa mencari tahu dengan menghubunginya secara langsung untuk dimintai Server DNS-nya. Layanan Server DNS adalah sistem penamaan nama domain secara hirarkis dan desentralisasi, untuk layanan yang terhubung ke internet.

Biasanya nama server ini bisa berupa ns1(dot)example(dot)com, ns2(dot)example(dot)com, dan lainnya. Pada kata  example(dot)com biasanya akan digantikan  dengan penamaan domain, yang dipakai oleh hosting website yang Anda miliki untuk server mereka. Hosting web akan memberikan 2 alamat server nama. Anda wajib mencatat semua alamat tersebut untuk dimasukan pada  pengaturan registernya.

2. Memasukkan Server Nama ke Pengaturan Register

Untuk memasukan nama server yang tadi telah Anda dapatkan, maka selanjutnya cara menghubungkan domain ke hosting yakni memasukkan server nama tersebut pada pengaturan registernya.

Untuuk langkah selanjutnya, yaitu buka pendaftar nama domain, lalu masuk ke sistemnya.  Anda harus melakukan log in dengan nama dan kata sandi yang dibuat, saat pendaftaran domain.  Setelahnya, Anda  harus menemukan situs register.

Ada beberapa cara dalam menemukan situs registrasi ini. Jka Anda bingung, akan kami sajikan tata caranya berikut ini. Diantaranya :

  1. Pertama, Anda harus menemukan cara  dalam mendaftarkan semua domain Anda pada situs register. Biasanya opsi ini bisa Anda temukan pada manajer domain yang serupa dengan pilihan tadi.
  2. Lalu Anda harus memilih domain untuk melakukan pengaturan nama servernya. Ada pilihan untuk menempatkan tanda centang pada kotak yang berada di samping nama domain pada daftar nama. Anda bisa mengklik nama domain agar bisa menuju ke layar pengaturan.
  3. Anda bisa menemukan serta menggunakan pilihan yang berarti sama, di antaranya DNS, nama server, server, dan lain-lainnya, dalam menemukan halaman yang tepat untuk mengubah dan melakukan cara untuk menghubungkan domain ke hosting.
Baca Juga:   Inilah Jenis-Jenis VPS yang Harus Diketahui Sebelum Anda Membeli

Setelah Anda menemukan laman situs registernya, Anda bisa melihat daftar  formulir yang bisa Anda gunakan untuk memasukan server nama utama, sekunder, tersier dan lainnya. Anda dapat memasukkan server nama depan Anda dari daftar. Biasanya server untuk kolom server nama utama diawali dengan “ns1”.  Lalu, kolom server nama kedua untuk server nama sekunder, dengan “ns2” dan seterusnya.

Nah itulah, cara menghubungkan domain ke hosting yang bisa Anda coba. Singkatnya, cara menghubungkan domain dan hosting bisa dilakukan dengan memasukan server nama pada pengaturan register.

Tinggalkan Komentar

Iklan