Seputar.CO.ID – VPS adalah akronim dari Virtual Private Server, yakni sebuah mesin server privat yang bersifat virtual, yang digunakan untuk layanan hosting internet. Penggunaan VPS pada website, menjadikan website tersebut dapat diakses secara publik atau online. Tidak hanya itu saja, ada beberapa kelebihan VPS lainnya yang membuat performa website lebih baik. Yuk simak info lengkapnya berikut.

1. Kelebihan VPS, untuk Meningkatkan Performa Website

Website yang memiliki pengunjung yang banyak, dapat mengakibatkan performa website menurun. Semua data maupun informasi yang dibutuhkan pengunjung jadi terhambat. Baik itu berupa pemuatan (loading) website lama yang mengakibatkan kegagalan loading, hingga proses database yang tidak menentu. Oleh karena itu, penggunaan layanan VPS seperti ini, bisa membantu proses website bekerja.

Terutama bila Anda menggunakan VPS hosting daripada menggunakan VPS shared hosting. Pasalnya, diantara kedua layanan ini terdapat perbedaan dalam cara kerjanya. Pada VPS hosting, tiap mesin virtual memiliki processor, bandwith, storage dan memory sendiri dalam melayani satu pelanggan.

Tentu hal ini berbeda bila menggunakan VPS shared hosting. Pada layanan ini, satu mesin virtual yang terdiri dari processor, bandwith, storage dan memory dapat melayani dalam jumlah banyak secara sekaligus.

Oleh karenanya, layanan ini disebut sebagai shared atau pembagian. Namun, tidak menutup kemungkinan, layanan VPS shared hosting ini lebih cocok digunakan untuk pengunjung yang tidak terlalu banyak.

2. Privasi dan Keamanan Lebih Terjaga

Kelebihan VPS lainnya adalah terjaganya privasi dan keamanan semua files hingga database website Anda. Salah satu fitur yang dimiliki VPS adalah back up data. Jadi, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua data yang ada di dalam website bisa dipulihkan dengan cepat.

Baca Juga:   Inilah Daftar Penyedia Cloud Hosting Terbaik Indonesia

3. Adanya Resource yang Lebih Terjamin

Adanya resource dapat membantu website dalam bekerja dengan lebih baik. Pasalnya, VPS adalah server virtual yang menyediakan resource, seperti bandwidth, RAM, storage dan lainnya, yang dialokasikan khusus untuk kinerja website. Dengan begitu, kinerja website akan menjadi semakin baik. Hal ini dikarenakan resource dapat melayani pengguna dengan fokus tanpa harus berbagi dengan pengguna-pengguna lainnya.

Resource dari layanan VPS ini bisa Anda tingkatkan atau upgrade sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda menggunakan VPS shared hosting, dikarenakan pengunjung website masih sedikit. Namun, saat pengunjung website suah meningkat dan banyak, Anda bisa beralih ke layanan VPS hosting. Dengan begitu, website Anda tidak akan mudah mengalami downtime, saat traffic meningkat.

Baca Juga:   Apa Itu Domain dan Hosting? Begini Penjelasannya!

4. Kontrol Penuh

VPS dapat membantu Anda dalam mengambil kontrol secara penuh terkait dengan kebutuhan website. Pasalnya, VPS memiliki konsep dedicated server, yakni Anda bisa memperoleh akses root ke server dengan bebas. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang dan mengatur sesuai dengan kebutuhan secara bebas. Termasuk mendapatkan IP Address, port number, tables filtering, dan routing rules tersendiri.

Itulah beberapa informasi terkait dengan kelebihan VPS yang bisa Anda pertimbangkan dalam menjaga kinerja dan performa website. Tidak hanya bertugas untuk membuat website Anda bisa online dan bisa diakses secara publik, tetapi juga bisa lebih meningkatkan kinerja website. Terutama dalam transfer data atas permintaan pengunjung website ,agar tidak terjadi take down website.

Tinggalkan Komentar

Iklan