Seputar.CO.ID – Ketika sedang berselancar di internet, mungkin Anda pernah memiliki pemikiran mengenai siapakah pemilik domain dari website yang Anda kunjungi? Sebenarnya Anda bisa saja mengetahui data organisasi, perusahaan, ataupun orang yang mendaftarkan domain tersebut. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan memanfaatkan fitur Whois Domain Tools.

Mengenal Apa Itu Whois Domain Tools

Sebelum mengulas secara lebih jauh terkait dengan alat pengecekan data pemilik domain ini, tidak ada salahnya kalau terlebih dahulu Anda perlu mengetahui secara sekilas, terkait dengan pengertian dari  Whois untuk pengecekan domain.

Secara sederhana, Whois Domain Tools merupakan sebuah alat atau situs yang bisa digunakan untuk mengecek data-data siapakah pemilik suatu domain, atau pihak yang mendaftarkan domain tersebut. Fitur ini bisa digunakan untuk mengecek data, dari  hampir semua domain. Dengan catatan, bahwa domain tersebut tidak diproteksi dengan Whois Protection.

Ketika pemilik domain mengaktifkan layanan whois protection, maka data-data pribadi yang digunakan untuk registrasi domain tersebut akan disembunyikan dari publik. Dengan demikian, bisa digunakan layanan ini sebagai cara untuk melindungi diri dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Baca Juga:   Inilah Cara Cek Nama Domain yang Mudah, Sebelum Membeli

Proses pengecekan data-data pemilik domain di Whois Domain sebenarnya relatif cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs Whois Domain tersebut dan kemudian melakukan beberapa langkah mudah untuk melakukan pengecekannya.

Cara Menggunakan Whois Domain Tools

Bagi Anda yang ingin menggunakan situs Whois Domain Tools untuk mengecek data pemilik domain atau website, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah mengunjungi situs resmi Whois Domain yang berada di whois.domaintools.com dari perangkat gawai yang Anda miliki. Bisa menggunakan perangkat komputer desktop ataupun juga browser di smartphone Anda.
  2. Setelah laman tersebut terbuka, silakan Anda bisa masukkan nama domain yang ingin di cek pada kolom yang sudah disediakan. Lalu silakan klik Search.
  3. Tahapan selanjutnya adalah dengan mencentang captcha untuk membuktikan bahwa Anda bukanlah bot. Setelah Anda mencentang captcha, maka silakan Anda bisa klik Go.
  4. Tunggu hingga proses pengecekan selesai. Kalau sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan sejumlah informasi penting terkait dengan data-data pemilik domain/website yang ingin Anda ketahui.
Baca Juga:   Inilah Jenis-Jenis VPS yang Harus Diketahui Sebelum Anda Membeli

Kini dengan memanfaatkan beberapa langkah mudah di atas, maka Anda bisa mengetahui data pihak yang meregistrasi atau mendaftarkan nama domain tersebut. Namun sekali lagi perlu diingat, bahwa fitur Whois Domain Tools ini akan bisa bekerja, kalau situs yang Anda tuju tidak diproteksi menggunakan Whois Protection oleh pihak pendaftar domain.

Cara Menggunakan Whois Domain Yang Harus Diketahui

Setelah mengetahui tentang apa itu Whois Domain dan cara menggunakannya, berikut ini adalah beberapa fungsi penting yang perlu Anda ketahui tentang Whois Domain.

1. Whois Domain Tools Bisa Memberikan Informasi Pemilik Domain Secara Jelas

Salah satu fungsi utama yang bisa didapatkan dari Whois Domain adalah bisa digunakan untuk memberikan informasi yang jelas, terkait dengan siapa saja pemilik domain. Bukan itu saja, Whois Domain ini juga bisa mengetahui  jaringan dan juga ISP yang digunakan untuk membuat website tersebut di internet.

Baca Juga:   Inilah Daftar Penyedia Cloud Hosting Terbaik Indonesia

2. Mengetahui Domain Yang Sudah Dipakai Dan Belum Terpakai

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan Whois Domain adalah bisa digunakan untuk mengetahui jenis dan nama domain apa saja yang sudah dipakai atau belum dipakai. Sehingga Anda bisa memilih domain yang tepat, dan masih tersedia.

3. Meningkatkan Kredibilitas Situs Domain

Domain yang memiliki kejelasan informasi dan kontak, umumnya lebih kredibel dan lebih banyak dipercaya oleh para pengunjung. Karena keterbukaan informasi yang dimilikinya. Maka dari itu, manfaat dari Whois Domain, salah satunya yaitu meningkatkan kredibilitas dari situs domain.

Demikianlah pembahasan yang perlu diketahui tentang Whois Domain Tools sebagai alat untuk mengecek data pemilik website orang lain. Kini dengan adanya ulasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mengetahui data-data pemilik suatu domain.

Tinggalkan Komentar

Iklan