Seputar.CO.ID – Pembuatan website yang baik adalah website yang bisa diakses secara publik. Salah satu upaya agar website bisa diakses secara publik atau online adalah menggunakan VPS hosting. Oleh karena itu, simak pengertian VPS hosting ini, sebelum Anda menggunakannya untuk pembuatan website.

Pengertian VPS Hosting

VPS hosting adalah sebuah mesin virtual yang berasal dari server induk terpartisi dan digunakan untuk layanan hosting internet. Jadi, bila Anda membayangkan ada sebuah hardisk berkapasitas 100 GB layaknya gambar di atas, lalu hardisk tersebut dibagi menjadi empat bagian.

Masing-masing mendapatkan kapasitas 25 GB. Nah, tiap partisi atau bagian inilah yang akan digunakan satu pengguna untuk membuat website bisa diakses secara online. Dengan begitu, pengunjung website dapat mendapatkan informasi dengan mudah dari website tersebut.

VPS dengan tipe hosting ini menggunakan teknologi yang lebih aman dan lebih stabil bila dibandingkan dengan VPS tipe shared. Hal ini dikarenakan VPS hosting memiliki teknologi virtualisasi yang menyediakan resource dedicated di server. Sekalipun server induk digunakan oleh lebih dari satu pengguna.

Baca Juga:   Inilah Cara Cek Nama Domain yang Mudah, Sebelum Membeli

Pada umumnya, VPS hosting ini lebih banyak digunakan atau disewa oleh pemilik situs, dimana situs atau website tersebut sudah memperoleh jumlah traffic tinggi dan melebihi batas penggunaan VPS shared hosting. Tentu hal ini dikarenakan padatnya arus lalu lintas pengunjung yang dapat diatasi dengan cara kerja VPS hosting, yang biasa disebut isolated environment.

Cara Kerja VPS Hosting

Cara Kerja VPS Hosting
Cara Kerja VPS Hosting/ngelag.com

Sesuai dengan namanya, VPS adalah akronim dari Virtual Private Server. Jadi, cara kerja VPS hosting adalah mirip dengan komputer pada umumnya, yakni berupa server pribadi yang bersifat virtual. Server sendiri adalah tempat untuk menyimpan file dan seluruh database yang dibutuhkan website.

Apabila ada pengunjung yang datang ke website, secara otomatis web browser yang digunakan pengunjung akan mengirimkan permintaan informasi kepada server. Setelah itu, server akan membagikan file maupun database yang berisi informasi yang diperlukan oleh pengunjung.

Adapun peran dari VPS hosting adalah server akan melayani pengunjung dengan baik dan bekerja secara maksimal, tanpa ada gangguan lain dari luar. Inilah yang biasa disebut sebagai isolated environment.

Server partisi yang bagian dari server induk ini dapat melayani dan memuaskan tiap pengunjung. Pasalnya, tiap pengunjung dapat mengakses processor, storage, memory dan bandwidth pada masing-masing VPS hosting. Cara kerja seperti ini tentu berbeda dengan VPS shared hosting.

Kelebihan VPS Hosting

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, VPS jenis ini memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

  • Performa website lebih cepat dan andal, daripada server shared hosting. Terutama saat melayani pengunjung.
  • Adanya jaminan resource server, seperti processor, storage, memory dan Sehingga dapat mengurangi fluktuasi pada resource.
  • Masalah terkait banyaknya pengunjung atau traffic pada website tidak mempengaruhi website dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung.
  • Privasi lebih terjamin. Dikarenakan setiap file dan database tersimpan dari pengguna server
  • Seiring dengan berkembangnya website, Anda bisa menaikkan atau upgrade layanan seperti resource server .Baik itu RAM, processor, bandwidth, disk space dan lainnya.
  • Akses superuser (root) ke server dengan mudah.
Baca Juga:   Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Hosting

Itulah beberapa informasi terkait dengan pengertian VPS hosting yang bisa Anda pahami. Sebelum Anda menggunakan VPS ini, jangan lupa untuk mempertimbangkan budget dan skill teknis. Pasalnya, VPS jenis ini membutuhkan kemampuan lanjut untuk mengelola server agar lebih terjaga keamanannya dan biayanya lebih mahal.  

Tinggalkan Komentar

Iklan