Seputar.CO.ID – Dalam dunia domain dan hosting dikenal ada banyak istilah penting. Salah satunya adalah sub domain. Istilah sub domain menjadi salah satu tema yang cukup banyak dicari, berkaitan dengan domain. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penjelasan tentang sub domain adalah dan juga beberapa seluk-beluk yang dimilikinya.

Pengertian Tentang Sub Domain Adalah

Sebelum mengulas lebih lanjut terkait dengan seluk-beluk terkait dengan sub domain itu sendiri. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengenal secara lebih detail dan mendalam terkait dengan apa itu sub domain.

Secara sederhana, sub domain adalah bagian tambahan dari suatu nama domain utama yang digunakan sebagai pembagian area, yang mengacu pada suatu alamat fisik pada sebuah website. Induk dari sub domain adalah domain yang Anda miliki. Sebagai informasi, sub domain bisa saja berdiri sebagai sebuah website sendiri.

Sebagai contoh, kalau Anda memiliki domain utama berupa example.com, maka ada banyak sekali sub domain yang bisa Anda buat. Misalnya saja blog.example.com, bisa juga   store.example.com dan berbagai contoh alamat lain, sesuai dengan selera Anda. Pada intinya, penamaan sub domain akan mengandung unsur dari domain utama sebagai induk domain tersebut.

Keberadaaan sub domain tersebut bisa membuat satu domain website memiliki cukup banyak bagian. Sehingga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengelola bagian-bagian website tertentu, yang mana akan semakin memudahkan dalam proses navigasi dan pengelolaan website tersebut.

Fungsi Penting Penggunaan Sub Domain Pada Website

Setelah Anda mengetahui penjelasan tentang sub domain adalah bagian dari domain, maka kini Anda juga perlu mengetahui secara lebih lanjut, terkait dengan fungsi penting yang dimiliki oleh sub domain. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa fungsi sub domain yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga:   Inilah Nama-Nama Domain yang Wajib Anda Ketahui!

1. Fungsi Sub Domain Adalah Untuk Membuat Website Dengan Kategori Spesifik

Salah satu fungsi penting yang dimiliki oleh sebuah sub domain yakni bisa digunakan sebagai alat untuk membuat kategori tertentu dari sebuah website. Misalnya saja, Anda sudah memiliki website tertentu, dan kemudian ingin membuat beberapa niche spesifik pada website yang Anda miliki. Misalnya saja olahraga, tekno, dan lain sebagainya. Maka Anda bisa menggunakan sub domain.

Sebagai contoh, kalau Anda memiliki nama domain utama berupa example.com, maka beberapa pilihan website baru yang bisa Anda buat dengan memanfaatkan sub domain misalnya saja adalah :

  • example.com : website sub domain yang digunakan untuk kategori teknologi.
  • example.com : halaman spesifik yang digunakan untuk menampilkan website kategori otomotif.
  • example.com : halaman spesifik yang digunakan untuk menampilkan website kategori olahraga.
Baca Juga:   Whois Domain Tools: Alat Pengecek Data Pemilik Domain

Dan berbagai contoh sub domain lainnya yang bisa Anda buat sesuai dengan selera dan kebutuhan tampilan website Anda.

2. Bisa Digunakan Untuk Membuat Website Dalam Bahasa  Tertentu

Pada beberapa kasus dan tujuan tertentu, biasanya suatu website perlu disediakan dalam beberapa pilihan bahasa (multi-lingual). Terlebih kalau website yang Anda miliki memiliki target visitor secara global dari berbagai negara. Membuat website dalam berbagai bahasa sesuai target visitor, merupakan salah satu yang penting untuk meningkatkan konversi Anda.

Demikianlah pembahasan terkait dengan sub domain adalah bagian penting dari domain yang bisa digunakan untuk membuat website secara lebih spesifik dalam kategori tertentu. Kini berbekal dengan ulasan yang telah disampaikan tersebut, Anda bisa semakin banyak mengetahui tentang seluk-beluk yang dimiliki oleh sub domain.

Tinggalkan Komentar

Iklan