Polling atau jajak pendapat telah menjadi salah satu fitur yang sangat populer di aplikasi obrolan seperti WhatsApp. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat polling di WhatsApp untuk perangkat Android dan iPhone.

Namun sebelum kita membahas tentang cara membuat polling di WhatsApp, mari kita bahas sedikit tentang apa itu polling. Polling adalah sebuah teknik dalam pengambilan keputusan dimana suatu pertanyaan diberikan pada kelompok orang dan mereka diminta untuk memberikan jawaban atau pendapat mereka. Hasilnya kemudian dihitung untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan atau pendapat mayoritas.

Langkah-langkah Membuat Polling di WhatsApp Android & iPhone

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka obrolan grup di WhatsApp. Ini dapat dilakukan pada aplikasi WhatsApp di Android dan iPhone. Setelah membuka obrolan grup, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk ikon lampiran (attachment) pada bagian bawah layar.
  2. Pilih opsi Polling dari daftar opsi yang tersedia.
  3. Tuliskan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan dalam kotak teks yang tersedia.
  4. Tuliskan opsi jawaban yang berbeda dalam kotak teks di bawah pertanyaan. Anda dapat menambahkan hingga empat opsi jawaban yang berbeda.
  5. Pilih durasi polling. Pilih salah satu dari tiga pilihan yang tersedia: 1 hari, 1 minggu atau tidak ada batas waktu.
  6. Ketuk tombol kirim.
Baca Juga:   Cara Agar Akun Tiktok Banyak Yang Follow Terbaru Di Tahun 2023

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, polling Anda akan dikirim ke grup WhatsApp dan semua anggota grup akan dapat melihat dan memilih jawaban mereka. Anda juga dapat melihat hasil polling di waktu yang berbeda, tergantung pada durasi polling yang Anda pilih.

Sekarang, mari kita lihat beberapa tips untuk membuat polling yang efektif:

  1. Pastikan pertanyaan Anda jelas dan spesifik. Hindari pertanyaan yang ambigu atau terlalu umum.
  2. Batasi opsi jawaban hanya pada opsi yang relevan dan penting. Terlalu banyak opsi dapat membuat polling Anda menjadi tidak efektif.
  3. Gunakan durasi polling yang tepat. Jika polling hanya diperlukan dalam jangka waktu singkat, pilihlah durasi polling yang lebih pendek.
  4. Jangan terlalu sering mengirimkan polling. Terlalu banyak polling dapat membuat anggota grup merasa terganggu.
Baca Juga:   Mudah Banget! Ini Dia Cara Download Video Instagram Paling Cepat

Dalam kesimpulannya, Polling di WhatsApp adalah cara yang bagus untuk mendapatkan opini atau pendapat dari anggota grup. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat membuat polling di WhatsApp untuk perangkat Android dan iPhone dengan mudah. Selain itu, dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat polling yang efektif dan bermanfaat bagi grup WhatsApp Anda.

Tinggalkan Komentar

Iklan