Redmi Note 12 Pro Plus dibuat dengan tujuan untuk menunjukkan kekuatan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note. Ponsel ini memiliki konfigurasi yang kuat dengan susunan kamera 200MP, mendukung pengisian cepat 120W, dan banyak peningkatan lainnya.

Untuk ringkasan singkat perangkat ini, hanya dapat dikatakan bahwa Xiaomi Redmi Note 12 Pro + telah ditingkatkan dengan sangat komprehensif mulai dari tampilan luar hingga konfigurasi internal. Terutama peningkatan jajaran kamera baru, termasuk sensor utama 200MP, kamera ultra lebar 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera selfie 16MP.

 Spesifikasi dan Harga Lengkap Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus

Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus
Redmi Note 12 Pro Plus (Youtube)

Spesifikasi

Redmi Note 12 Pro+ dikemas dengan cara yang sama seperti model Xiaomi sebelumnya, dan masih memiliki desain kotak yang tebal dalam warna putih yang familiar. Di dalam, ponsel ini dilengkapi dengan pengisi daya GaN 120W, kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, dan soft case bening.

Baca Juga:   Harga Samsung A54 5G 2023 : Harga Miring dengan Spesifikasi Gahar

Detail konfigurasi Redmi Note 12 Pro+ adalah sebagai berikut:

  • Layar: 6,67″ OLED, 1 Miliar warna, kecepatan refresh 120Hz, Dolby Vision, HDR10+, 900 nits (HBM), resolusi 1080 x 2400 piksel, rasio aspek 20:9, 395 ppi
  • CPU: Mediatek Dimensity 1080 (6 nm) Octa-core (2 x 2.6GHz Cortex-A78 & 6 x 2.0GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G68 MC4
  • Memori internal: 256 GB dan 8 GB RAM, 256 GB dan 12 GB RAM
  • Kamera belakang: 200 MP f/1.7, 8 MP f/2.2, 2 MP f/2.4
  • Kamera depan: 16 MP f/2.5
  • Baterai: 5000 mAh mendukung pengisian cepat 120W, pengisian penuh 100% dalam 19 menit.
  • Sistem operasi: Android 12, MIUI 14

Desain Mewah yang Canggih

Seluruh lini produk Redmi Note 12 memiliki layar 6,67 inci dan set kamera yang sama, karena akan sulit bagi Anda untuk membedakan antara versi reguler dan versi Pro+. Redmi Note 12 menampilkan desain yang sama dengan seri unggulan Xiaomi 12, memberikan kesan premium yang bagus. Semua versi seri Redmi Note 12 dilengkapi dengan ketahanan air IP53, tidak tahan air seperti standar IP67 di seri Galaxy A 2023 dari Samsung, tapi setidaknya lebih baik daripada tidak.

Tahun ini, Xiaomi memperkenalkan varian warna Redmi Note 12 Pro+ masing-masing Hitam, Putih, dan Biru. Pola biru mungkin sedikit berbeda intensitasnya tergantung pada lingkungan pencahayaan yang kita gunakan. Dapat dikatakan bahwa warna-warna ini halus dan tidak terlalu menonjol, memberikan kelembutan dan kemudahan penggunaan.

Inti dari Redmi Note 12 Pro+ adalah layar Flow AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan kecepatan refresh hingga 120Hz, yang mendukung standar tampilan Dolby Vision. Hingga generasi ini, seri Redmi Note dibekali layar dengan bezel paling tipis, dan di atas layar terdapat kamera selfie 16MP dengan desain punch-hole yang sudah tidak asing lagi.

Bagian belakang ponsel didesain sedikit melengkung di kedua sisinya untuk memberikan kesan menarik. Blok kamera menonjol lebih tinggi di bagian belakang, menampung kamera utama 200MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera makro 2MP, dan lampu kilat LED.

Sisi kanan berisi tombol volume dan tombol daya. Sensor pemindai sidik jari pada tombol daya memiliki respons yang cepat dan akurat, Anda dapat mengaturnya untuk berubah menjadi gerakan “tekan” alih-alih “sentuhan” untuk membuka kunci jika Anda sering menggesekkan tangan ke ponsel. telepon dan tidak perlu dibuka tanpa sepengetahuan.

Tepi atas perangkat menampung jack audio 3,5 mm, bilah speaker pertama, sensor inframerah, dan mikrofon kedua. Terakhir, ada baki SIM ganda, mikrofon utama, port pengisian daya USB-C, dan speaker kedua di tepi bawah.

Secara keseluruhan, Redmi Note 12 Pro+ terasa sangat nyaman untuk digenggam, dan sentuhan akhir yang bagus menciptakan rasa nyaman digunakan hampir seperti perangkat di kategori high-end.

Layar AMOLED yang bagus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Redmi Note 12 Pro+ memiliki layar Full HD+ Flow AMOLED 6,67 inci dengan kerapatan piksel besar 395ppi, dengan perlindungan Gorilla Glass 5. Ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya Redmi Note 11 Pro+ tetapi lebih telah ditingkatkan dengan 10 bit kedalaman warna, ditambah sertifikasi HDR10+ dan Dolby Vision. Selain itu, ia juga mendukung refresh rate 120Hz dan touch response rate 240Hz, yang tidak setinggi perangkat gaming terkemuka namun cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Xiaomi mengumumkan bahwa perangkat ini akan mencapai kecerahan 900 nits, dalam pengujian sebenarnya, layar dapat mencapai kecerahan maksimum 990 nits melalui Sunlight Boost, sedangkan kecerahan tipikal dapat dicapai melalui filter kecerahan 535 nits.

Baterai besar, pengisian cepat 120W

Xiaomi Redmi Note 12 Pro+ dibekali baterai 5.000mAh, naik dari 4.500mAh dibandingkan pendahulunya dan masih mendukung pengisian cepat 120W seperti sebelumnya. Meski hadir dengan chip Dimensity yang lebih baru, versi MIUI yang lebih baru, dan baterai yang lebih tinggi, waktu penggunaan Redmi Note 12 Pro+ cukup mengecewakan dibandingkan Redmi Note 11 Pro Plus.

Baca Juga:   Samsung S23 Ultra vs iPhone 14 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi dan Performa Terbaru

Menurut tes baterai GSMArena, Redmi Note 12 Pro Plus mencapai skor total 88 jam, turun 18 jam dibandingkan dengan Redmi Note 11 Pro+. Namun, jika Anda mempertimbangkan setiap komponen seperti waktu panggilan suara, penjelajahan web, dan menonton video, itu tidak jauh berbeda dengan orang dewasa dan dapat diterima secara umum.

Perangkat ini juga memiliki mode Boost Charge, yang memungkinkan pengisian daya secepat mungkin pada 120W, namun ada kekurangannya yaitu layar ponsel harus dimatikan saat mengisi daya untuk mengaktifkannya. Opsi Boost dapat dimatikan atau dihidupkan di pengaturan baterai, jika tidak diaktifkan, ponsel akan membatasi kapasitas pengisian maksimum hingga 60W-80W.

Redmi Note 12 Pro + dengan pengisi daya GaN 120W di dalam kotak memberi Anda kemampuan untuk mengisi daya 38% baterai hanya dalam 5 menit pengisian, sementara hanya dalam 15 menit telepon mengisi 81% baterai. Pengisian penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit, padahal ponsel mencapai 95% baterai dalam 19 menit – waktu yang diiklankan Xiaomi untuk pengisian penuh. Faktor-faktor seperti suhu ruangan, koneksi kartu SIM, akun yang terhubung, dll. Dapat memengaruhi waktu pengisian daya, jadi perbedaan tipis 4 menit dapat dimaklumi.

Selama pengisian cepat 120W, ponsel tidak panas, hanya sedikit panas. Dengan pengujian tanpa mengaktifkan mode Boost Charge, proses pengisian daya ponsel sedikit lebih lambat. Dalam 5 menit, Redmi Note 12 Pro + terisi 26%, setelah 15 menit menjadi 58%, pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Performa yang Sepadan dengan Harganya

Redmi Note 12 Pro+ menjalankan MIUI 14 terbaru Xiaomi berbasis Android 12. MIUI 14 telah memperbarui arsitektur sistem di tingkat kernel Android dengan pengaturan sumber daya CPU dan GPU yang dioptimalkan, mengurangi ukuran firmware sistem. Membuat perangkat lunak lebih ringan dan mengurangi penggunaan memori .

Redmi Note 12 Pro+ ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 1080. Ini adalah versi perbaikan dari Dimensity 920 di dalam Redmi Note 11 Pro+ dengan performa yang sedikit lebih baik dan dukungan untuk pembaruan kamera. Secara khusus, Dimensity 1080 5G telah meningkatkan kinerja lebih lanjut dengan dua inti kinerja Cortex-A78 yang memiliki clock 2,6GHz, sementara enam inti Cortex-A55 masih memiliki clock pada 2,0GHz.

GPU-nya masih Mali-G68 dan chipsetnya masih dibangun dengan proses 6nm. Redmi Note 12 Pro+ global hanya memiliki satu opsi memori dengan RAM 8 GB dan penyimpanan UFS 2.2 256 GB. Tahun ini, model Pro tidak memiliki slot kartu ekspansi microSD. Dari segi pengujian, skor benchmark perangkat tersebut belum meningkat secara signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Namun, pada pengujian AnTuTu, Redmi Note 12 Pro+ mencetak skor 498.710 poin dan menjadi salah satu ponsel dengan skor tertinggi di segmen ini.

Redmi Note 12 Pro+ memiliki hardware yang tepat dan memberikan performa yang memuaskan bagi pemiliknya. Pengalaman bermain game di perangkat ini luar biasa serta multitasking. Disipasi panas dan stabilitas pada ponsel juga sangat baik, kinerjanya stabil dan tidak pernah panas, hanya sedikit hangat.

Perangkat ini tentu saja bukan smartphone terbaik di pasaran, juga bukan di kelasnya, tetapi apa yang sebenarnya ditawarkannya lumayan.

Triple Camera Inovatif dengan Kamera Utama Samsung 200MP

Redmi Note 12 Pro+ memiliki tiga kamera di bagian belakang dan kamera depan, mirip dengan Redmi Note 11 Pro+. Pengaturan kamera belakang mencakup kamera utama OIS 200MP (naik dari 108MP), kamera sudut lebar 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera selfie depan dilengkapi dengan sensor 16MP.

Kualitas gambar siang hari

Kamera utama menyimpan foto pada 12MP saat digunakan dalam mode foto default, yang sangat bagus. Seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah, dedaunan dan detail kecil lainnya mempertahankan detail yang luar biasa. Algoritme mesin mungkin telah mendorong akurasi ke tingkat yang lebih tinggi dari yang sudah ada, tetapi itu sangat masuk akal.

Semua gambar bebas noise, dan jangkauan dinamis bagus, tetapi tidak berlebihan. Faktanya, dapat dikatakan bahwa Redmi Note 12 Pro + terlalu menonjolkan kontras, membuat area gelap menjadi lebih gelap dan tidak mempertahankan banyak detail. Sebaliknya, kemampuan menampilkan warna sistem kamera cukup setia dibandingkan dengan realitas mata manusia.

Kualitas Gambar Cahaya Rendah

Redmi Note 12 Pro + 5G mendukung mode malam otomatis. Secara teori, aplikasi kamera harus memutuskan kapan dan di mana menggunakan mode malam serta waktu pencahayaan untuk foto.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A73 5G Terbaru

Kurang dari 1 detik sudah cukup untuk mode Malam guna meningkatkan detail untuk foto cahaya redup, eksposur luar biasa, jangkauan dinamis luar biasa, dan saturasi warna luar biasa. Noise juga sangat rendah bahkan pada foto yang diambil dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik.

video

Redmi Note 12 Pro+ mendukung perekaman video 4K @ 30fps pada kamera utama, dan kamera sudut ultra lebar hingga 1080p @ 30fps, sedangkan makro 2MP mendukung perekaman video 720p @ 30fps. Terakhir, ada opsi untuk merekam film pada 1080p dan 60fps pada kamera utama dan selfie.

Harga Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus

8/256 GB  (Rp 4,9 juta)

12/256 GB  (Rp 5,4 juta)

Kesimpulan

Xiaomi benar-benar mendengarkan pelanggan, terbukti dengan Redmi Note 12 Pro+ yang dilengkapi dengan banyak peningkatan seperti tampilan Dolby Vision yang ditingkatkan, desain ramping, penyimpanan ganda, dan kamera utama 200MP baru.

Redmi Note 12 Pro+ terkesan dengan kualitas foto dan videonya berkat kombinasi kamera utama 200MP dan kamera sudut lebar 8MP, serta speaker Dolby Atmos yang ditingkatkan dan pengisian daya cepat 120W yang menjadikannya ponsel hebat. Pengaturan sektor telepon.

Tinggalkan Komentar

Iklan