Samsung Galaxy Z Flip4 vs Galaxy S22 Ultra – Merek Samsung baru saja meluncurkan sepasang ponsel lipat, di mana ponsel Samsung Z Flip4 dengan desain lipat vertikal yang unik dan kompak sangat populer. Di segmen high-end yang sama, kita bisa menengok kembali Samsung Galaxy S22 Ultra yang diluncurkan di awal tahun yang juga membuat demam. Jadi menjaga kedua perangkat ini, ponsel mana yang ideal saat ini? Mari kita lakukan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Samsung Galaxy S22 Ultra untuk mengetahui perbedaannya.

Perbandingan HP Samsung Galaxy Z Flip4 vs Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy S22 Ultra
Image: Youtube/Tech through Toni

Samsung Galaxy Z Flip4 dan Galaxy S22 Ultra adalah dua ponsel terbaru dari Samsung yang sangat menarik perhatian pengguna. Galaxy Z Flip4 adalah ponsel lipat dengan desain yang inovatif, sementara Galaxy S22 Ultra adalah ponsel flagship dengan spesifikasi tinggi.

1. Desain Menunjukkan Kelas dari Samsung Flagship

Keduanya adalah produk super terbaru dari merek ponsel Samsung, tetapi Galaxy Z Flip4 dan Galaxy S22 Ultra memiliki bahasa desain yang sama sekali berbeda. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi dan membedakan kedua perangkat saat membandingkan Z Flip4 dan S22 Ultra dari segi desain eksternal.

Dari segi struktur, keduanya memiliki rangka berbahan Aluminium berkualitas tinggi, diperkuat dengan Gorilla Glass Victus+ untuk menambah kekakuan dan daya tahan. Permukaan depan sedikit berbeda agar sesuai dengan tekstur lipatan Z Flip4. Secara keseluruhan, sejak awal, ini menunjukkan perbedaan besar saat membandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Samsung Galaxy S22 Ultra.

Baca Juga:   Samsung Galaxy Z Flip4, Sepsifikasi Lengkap dan Harga Terbaru

Dari segi dimensi, Samsung Galaxy Z Flip4 berukuran 165,2 x 71,9 x 6,9 mm saat dibuka sepenuhnya, dan saat dilipat berukuran 84,9 x 71,9 x 15,9-17,1 mm. Sedangkan Galaxy S22 Ultra mempertahankan ukuran keseluruhan 163,3 x 77,9 x 8,9 mm karena struktur tetap.

Tidak hanya mengubah, membuka dan menutup secara fleksibel, Z Flip4 juga lebih ringan dengan bobot hanya 187g, sedangkan S22 Ultra lebih berat dengan bobot 228g. Hal inilah yang membuat anak muda cenderung lebih menyukai Galaxy Z Flip4 karena kelenturannya yang membuatnya mudah dibawa di dalam saku. Bahkan pengalaman satu tangan dengan Z Flip4 lebih mudah.

Ponsel terbaru Samsung semuanya dilengkapi dengan ketahanan air, terutama dengan flagships seperti Samsung Galaxy S Series atau Z Series. Sementara Samsung Galaxy Z Flip4 memiliki standar tahan air dan debu IPX8, peringkat di Galaxy S22 Ultra ini lebih tinggi dengan standar IP68. Namun, dapat dinilai bahwa kedua perangkat tersebut memiliki “ketahanan” terhadap lingkungan dan kategori cuaca yang berbeda.

Terlihat bahwa strategi Samsung selalu sangat jelas, dengan 2 produk kelas atas yang menargetkan file pelanggan yang berbeda. Tak sulit mengenali model Samsung Galaxy Z Flip4 yang ditujukan untuk anak muda dinamis saat diluncurkan dengan warna yang sangat berjiwa muda seperti Graphite Grey, Lovebird Blue, Bora Purple, dan Champagne Pink. Terutama warna-warna lembut yang sangat cocok untuk wanita, sehingga sangat populer di kalangan perempuan.

Sebaliknya, Samsung Galaxy S22 Ultra dengan desainnya yang elegan, klasik, dan agak maskulin disukai oleh para pria, terutama pebisnis. Selain itu, mereka yang ingin memiliki perangkat modern kelas atas namun tetap memiliki kecantikan klasik juga dapat menemukan produk super ini. S22 Ultra memiliki versi warna seperti Phantom Black, Phantom White, Zeta Blue dan yang paling menarik tentunya adalah warna Burgundy Red yang khas.

2. Layar Kelas Atas, Tajam, Teknologi Tampilan Superior

Membandingkan Z Flip4 dan S22 Ultra dalam hal kualitas layar juga menunjukkan perbedaan, meski keduanya memberikan gambar yang nyata dengan kualitas tertinggi yang tersedia saat ini.

Layar Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki sedikit kelengkungan, terutama di bagian samping. Perangkat ini memiliki panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,8 inci. Layarnya beresolusi Quad-HD+ 1440 x 3088 piksel dengan kerapatan piksel 500 ppi, mendukung tampilan HDR10+, refresh rate 120Hz. Lebih khusus lagi, pengguna juga dapat berinteraksi dengan layar S22 Ultra dengan S-Pen yang disertakan, memberikan pengalaman sempurna saat Anda dapat menggambar atau mencatat dengan cepat.

Baca Juga:   Harga Samsung A54 5G 2023 : Harga Miring dengan Spesifikasi Gahar

Sementara itu, layar Galaxy Z Flip4 sedikit lebih kecil dengan ukuran 6,7 inci, lebih rata, serta dapat dilipat dan dibuka dengan mudah. Dengan resolusi Full-HD + 1080 x 2640 piksel, kerapatan piksel 426 ppi, kecepatan refresh 120Hz, perangkat ini memberikan gambar paling tajam dan paling jelas. Meskipun panel AMOLED Dinamis 2X yang sama, mendukung tampilan HDR10+, sebagai perbandingan, kualitas layar Z Flip4 sedikit lebih buruk daripada S22 Ultra.

Selain itu, kita juga bisa melihat bahwa kecerahan Galaxy S22 Ultra sedikit lebih baik ketika bisa mencapai maksimal 1750 nits, sedangkan kecerahan maksimal Z Flip4 hanya 1200 nits, namun masih cukup untuk menampilkan perangkat dengan baik. di luar ruangan. .

Sebagai imbalannya, Samsung Galaxy Z Flip4 mendapatkan poin berkat desainnya yang unik, dan juga mengintegrasikan layar eksternal ekstra seperti ponsel Samsung Galaxy Z Series lainnya dengan ukuran 1,9 inci, penerapan teknologi Super AMOLED, resolusi tinggi, resolusi 260 x 512 piksel . Fungsi layar sekunder adalah untuk menampilkan notifikasi, tanggal dan waktu, serta beberapa informasi penting lainnya sehingga Anda dapat melihatnya tanpa harus membuka ponsel, sangat nyaman.

3. Performa Bertenaga Terdepan dengan Chip Snapdragon

Selanjutnya mari kita bandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Samsung Galaxy S22 Ultra dari segi performa. Samsung S22 Ultra memiliki chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, sedangkan Z Flip4 memiliki versi upgrade dari chip Snapdragon 8 + Gen 1. Menurut ulasan dari situs teknologi, chip 8+ Gen 1 efektif. kemampuan menghemat daya baterai dan menghasilkan lebih sedikit panas juga lebih baik. Namun, akan sulit bagi Anda untuk melihat perbedaan antara kedua model chip Snapdragon ini melalui tugas umum.

Namun, banyak pengguna tampaknya lebih condong ke Samsung Galaxy S22 Ultra dalam hal versi RAM 8GB dan 12GB, sedangkan ponsel lipat Z Flip4 hanya memiliki RAM 8GB. Keduanya tersedia dalam versi memori 128GB, 256GB, dan 512GB. Secara umum, kinerja Samsung Galaxy Z Flip4 dan S22 Ultra memenuhi kebutuhan penggunaan, kecepatan pemrosesan yang lancar, penanganan semua tugas yang lancar dari dasar hingga lanjutan.

4. Kamera untuk Bingkai yang Mengesankan

Meski memiliki ekspektasi yang tinggi, Samsung Galaxy Z Flip4 tampaknya tidak terlalu banyak melakukan terobosan dalam kualitas kamera dibandingkan generasi sebelumnya. Ini membuat perangkat ini semakin “kaku” saat membandingkan Z Flip4 dan S22 Ultra dari segi kamera.

Baca Juga:   Inilah Harga dan Spesifikasi Terbaru Samsung Galaxy S23 Ultra 5G yang Wajib Anda Ketahui

Secara khusus, Z Flip4 memiliki sistem kamera ganda dengan resolusi 12MP yang sama untuk kamera utama dan kamera sudut lebar. Sedangkan kamera selfie hanya beresolusi 10MP. Tampaknya parameter yang agak sederhana ini tidak akan memuaskan mereka yang menginginkan ponsel dengan kualitas fotografi profesional.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy S22 Ultra, tidak berlebihan jika dikatakan ini adalah salah satu produk fotografi mobile terbaik saat ini. Dengan sistem 4 kamera, di mana kamera utama beresolusi 108MP, kamera super wide-angle 12MP, kamera telefoto 10MP, dan kamera telefoto 2 10MP. Kedua kamera telefoto menawarkan 3x optical zoom dan 10x optical zoom, sehingga Anda tetap mendapatkan detail foto meski dari jarak jauh. Dengan perangkat keras yang hebat, S22 Ultra lebih dari mampu memberikan pengalaman pengambilan gambar terbaik.

Namun, melihat kembali Samsung Z Flip4, Anda masih bisa menemukan fitur-fitur baru di ponsel ini berkat keunggulan “kelahiran terlambat”, misalnya 3 mode selfie berbeda serta mekanisme Flex Camera yang menciptakan sensasi baru dalam fotografi dan videografi. .

5. Masa Pakai Baterai Berbeda

Membandingkan Z Flip4 dan S22 Ultra, meski berada di segmen high-end, namun dari segi kapasitas baterai dan kapasitas fast charging, terdapat perbedaan yang sangat jauh di antara kedua ponsel ini.

Secara khusus, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang mirip dengan banyak ponsel kelas atas lainnya. Dengan demikian, daya tahan baterai perangkat diperkirakan akan bertahan lebih lama dari baterai 3700 mAh pada Samsung Galaxy Z Flip4.

Sedangkan untuk pengisian cepat, ini juga merupakan poin yang luar biasa ketika S22 Ultra memiliki kapasitas pengisian cepat 45W, pengisian cepat nirkabel 15W, pengisian nirkabel terbalik 4,5W. Sedangkan untuk Z Flip4, kapasitas pengisian cepatnya hanya 25W. Namun, Anda masih bisa mengisi 50% baterai hanya dalam waktu 30 menit, yang masih tergolong sangat cepat.

6. Tabel ringkasan yang Membandingkan Galaxy Z Flip4 dan Galaxy S22 Ultra

Melalui analisis detail di atas, kita pasti sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang dua produk super dari Samsung ini. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan setiap parameter melalui tabel ringkasan berikut:

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4 Samsung Galaxy S22 Ultra
Ukuran 165,2 x 71,9 x 6,9 mm (saat dibuka)
84,9 x 71,9 x 15,9-17,1 mm (saat dilipat)
163,3 x 77,9 x 8,9 mm
Berat 187g 228g
Warna Graphite Grey, Lovebird Blue, Bora Purple, Champagne Pink Phantom Black, Phantom White, Zeta Blue, Burgundy Red
Layar Lipat Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci (layar utama)
Super AMOLED 1,9 inci (layar sekunder)
AMOLED Dinamis 2X 6,8 inci
Resolusi 1080 x 2640 piksel 1440 x 3088 piksel
Kepadatan Piksel 426 ppi 500 ppi
Frekuensi Pemindaian 120Hz 120Hz
Kamera belakang 12MP + 12MP 108MP + 12MP + 10MP + 10MP
Kamera depan 10MP 40MP
RAM 8GB 8GB | 12 GB
Penyimpanan Internal 128 GB | 256GB | 512GB 128 GB | 256GB | 512GB | 1 TB
Chip prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
Kapasitas baterai 3700 mAh 5000 mAh
Kapasitas Pengisian Cepat 25W 45W
Jaringan Seluler 5G 5G

Bandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Samsung Galaxy S22 Ultra secara mendetail

7. Bandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Samsung Galaxy S22 Ultra: Mana yang Harus Anda Beli?

Sulit untuk mengetahui secara pasti apakah akan membeli Samsung Galaxy Z Flip4 atau Samsung Galaxy S22 Ultra, karena setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing dan, seperti yang disebutkan, setiap perangkat ditujukan untuk pelanggan yang berbeda. Oleh karena itu, saat Anda memerlukan saran tentang ponsel mana yang akan dibeli, memahami kebutuhan pengguna sangatlah penting.

Jika Anda menyukai tampilan Samsung S22 Ultra yang gagah dan maskulin serta membutuhkan ponsel dengan baterai kerbau, foto cantik, dan layar cemerlang, maka ini akan menjadi pilihan yang cocok. Apalagi kekuatan chip Snapdragon 8 Gen 1 saat ini masih jauh di depan banyak pesaing, menjanjikan pengalaman yang luar biasa.

Sebaliknya, anak muda yang lebih aktif, menyukai perangkat ringkas namun tetap ingin memiliki ponsel layar lebar, ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip4 menjadi pilihan terbaik saat ini. Apalagi ponsel ini mengintegrasikan chip generasi baru, yang dikenal memberikan performa lebih kuat, yang cocok untuk para penggila teknologi.

8. Kesimpulan

Dari perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Samsung Galaxy S22 Ultra di atas, semoga Samfans mendapatkan pilihan yang tepat, atau setidaknya mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat mengenai kedua smartphone super tersebut di tahun ini.

Tinggalkan Komentar

Iklan