Seputar.CO.ID – Di era digital yang semakin berkembang, kini sudah banyak bermunculan website-website dengan domain yang berkualitas. Meskipun domain menjadi istilah yang sudah kerap muncul dalam internet, namun mungkin masih banyak diantara Anda yang masih bertanya-tanya terkait dengan pengertian dari domain adalah dan contohnya.

Penjelasan Tentang Domain Adalah dan Contohnya yang Harus Diketahui

Bagi Anda yang masih bingung terkait dengan pengertian dari domain, berikut adalah penjelasan singkat yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Domain Untuk Website

Secara sederhana, domain atau nama domain merupakan suatu alamat website yang Anda ketikkan di kolom URL browser ketika membuka sebuah website. Jika dianalogikan, domain ini mirip seperti nama jalan dalam suatu alamat, sehingga para pengunjung bisa mendatangi alamat rumah tersebut dengan mudah.

Secara umum, sebuah domain terdiri dari dua unsur pokok yakni nama website dan juga ekstensi yang digunakan. Sebagai contoh, kalau Anda membuka website olahraga seperti espn.com maka komponen pertamanya adalah ESPN (nama website) dan ekstensinya yakni (.com). Untuk ekstensi ini umumnya diletakkan pada bagian akhir domain.

Baca Juga:   Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Hosting

Ekstensi domain ini tidak hanya dot com saja. Namun ada cukup banyak sekali ekstensi yang bisa dipilih. Semisal ekstensi berbasis negara (seperti id untuk Indonesia, ph untuk Filipina, cn untuk China, jp untuk Jepang, dan lain sebagainya), ekstensi org (umum digunakan untuk organisasi), ekstensi ac.id (untuk universitas), dan lain sebagainya.

Contoh Penggunaan Domain Pada Website

Setelah mengetahui sekilas tentang penjelasan dari domain, kini sudah saatnya Anda mengetahui tentang domain adalah dan contohnya secara lebih spesififik. Sebenarnya ada cukup banyak contoh domain yang bisa Anda temukan. Dan kami yakin bahwa beberapa diantaranya mungkin sudah banyak yang Anda kenal.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa contoh dari nama domain yang bisa saja Anda temukan di internet, dan mungkin sudah sering Anda akses :

  • com
  • com
  • com
  • net
  • com
  • com

Beberapa contoh domain di atas adalah sebagian kecil dari banyak sekali domain dan website yang ada di internet. Nama domain akan semakin memudahkan Anda dalam mengakses suatu website, bila dibandingkan harus mengetikkan alamat IP dari masing-masing web tersebut.

Fungsi Domain yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui tentang pengertian domain adalah dan contohnya, kini Anda juga perlu mengetahui tentang pentingnya fungsi domain bagi suatu website. Berikut adalah ulasan terkait dengan fungsi domain yang harus Anda ketahui.

1. Mempermudah Pengguna Mengakses Suatu Website

Salah satu fungsi penting dari penggunaan domain adalah akan memudahkan para pengguna untuk bisa mengakses suatu website. Berbekal dengan nama domain, maka Anda cukup mengetikkan nama tersebut pada kolom URL di browser dan kemudian Anda pun akan dibawa menuju ke laman website tersebut secara lebih mudah dan praktis.

Baca Juga:   Inilah Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting Yang Harus Diketahui

2. Sebagai Sarana untuk Melakukan Branding

Selain akan semakin memudahkan para pengguna untuk mengunjungi  laman suatu website, nama domain juga bisa digunakan sebagai media untuk branding suatu produk ataupun perusahaan. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa saat ini banyak perusahaan yang sudah go online dan menggunakan nama perusahaan atau bisnisnya untuk domain.

Hal ini bisa menjadi salah satu langkah branding yang cukup signifikan. Karena hal ini akan bisa semakin meningkatkan peluang dan juga tingkat kepercayaan para pelanggan pada bisnis yang Anda kelola.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian domain adalah dan contohnya yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan adanya ulasan tersebut, Anda bisa lebih mengenal tentang seluk-beluk domain dan juga contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Iklan