Seputar.CO.ID – VPS atau Virtual Private Server merupakan sebuah layanan web hosting yang sudah populer di kalangan webmaster. Meskipun demikian, layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan VPS sendiri.

Bisa dibilang, VPS ini erat kaitannya dengan virtualization technology, yang bisa mengubah satu physical server menjadi beberapa virtual machines atau virtual system yang dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda.

Jadi, VPS hosting  hampir mirip dengan shared hosting, karena pada VPS ini Anda bisa berbagi satu server dengan pengguna yang lain. VPS memiliki dua tipe, yaitu managed VPS hosting dan unmanaged VPS hosting.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan VPS yang Wajib Anda Ketahui

Setiap layanan pastinya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Seperti yang dimiliki oleh VPS ini. Ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimaksud? Ini penjelasannya!

A. Kelebihan  VPS

Sebuah produk buatan manusia  tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti kelebihan dan kekurangan VPS berikut ini. Pertama, kami ingin menjelaskan kelebihan dari VPS. Kelebihan yang dimiliki VPS akan bermanfaat bagi Anda untuk menggunakan VPS pada perusahaan. Memang, apa saja kelebihan dari VPS? Jawabannya ada di bawah ini.

Baca Juga:   Harga VPS Murah Di Indonesia, Berapa Kisarannya?

1. Terjaminnya Resources

Kelebihan VPS yaitu Anda tidak perlu berbagi resources dengan pengguna yang lain, sehingga resources Anda lebih terjamin. Saat menggunakan VPS, maka sumber daya server seperti bandwidth dan RAM akan dialokasikan secara khusus untuk website Anda, sehingga penggunaan resources hanya khusus untuk Anda saja.

2. Performa Baik

Performa yang diberikan VPS lebih reliabel dan cepat, karena skema dedicated resources yang ditawarkan oleh VPS hosting dibuat dengan cukup baik. Sehingga Anda juga tidak perlu khawatir jika virtual machine Anda akan mengalami fluktuasi atau downtime, karena mendapat pengaruh dari pengguna yang lain.

3. Skalabilitas

Kelebihan VPS yang satu ini cukup spesial, yaitu Anda bisa hanya menyewa dan membayar sumber daya server yang Anda butuhkan saja. Saat perusahaan Anda mengalami perkembangan dan membutuhkan tambahan resources, maka Anda bisa dengan mudah meningkatkan skala bandwith, disk space, CPU, sumber daya server dan lain-lain.

Baca Juga:   Inilah Daftar Penyedia Cloud Hosting Terbaik Indonesia

4. Kontrol

Kelebihan VPS hosting yang lain yaitu Anda bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang, serta mengatur kustomisasinya sesuai dengan kebutuhan. Lalu, saat Anda berbagi server dengan pengguna lain, Anda akan tetap memperoleh akses SSH dan melakukan root ke server milik Anda.

5. Privasi dan Keamanan

VPS hosting menjamin privasi dan keamanan files dan databases milik Anda, sehingga walaupun dalam satu server dengan pengguna lain, pengguna lain tersebut tidak bisa mengakses data milik Anda. Begitu pula sebaliknya.

VPS hosting ini juga memiliki fitur backup yang bisa menjadi jaminan, agar files atau databases milik Anda terlindungi dengan baik, dan bisa dengan cepat dipulihkan. Terutama  jika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

B. Kekurangan VPS

Kelebihan dan kekurangan VPS digunakan sebagai pertimbangan untuk menggunakan VPS atau tidak. Nah, yang kedua ini, kami ingin menjelaskan tentang kekurangan dari VPS. Yuk lihat penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga:   Apa Itu Hosting? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

1. Harus Menguasai Pengetahuan Teknis

Kebebasan kustomisasi dan kontrol yang ditawarkan oleh VPS mengharuskan Anda untuk menguasai teknik pengoperasian server dan memahami aplikasi apa saja yang harus dipasang. Karena kesalahan konfigurasi server yang mungkin terjadi bisa berakibat fatal terhadap website milik Anda.

2. Harga yang Mahal

Kekurangan dari VPS ini adalah harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Budget yang digunakan untuk VPS ini cukup besar, jadi VPS hosting ini kurang bersahabat dengan perusahaan yang memiliki budget terbatas. Jadi, sebelum menggunakan VPS ini, Anda harus mempersiapkan budgetnya dengan baik.

Diatas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan VPS yang tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menggunakan VPS atau tidak. Khususnya  untuk server perusahaan milik Anda. Jika Anda telah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari VPS tersebut, Anda bisa lebih bijak dalam mengelola perusahaan Anda. Semoga bermanfaat, dan terimakasih!

Tinggalkan Komentar

Iklan