Seputar.CO.ID – Setelah Anda membeli domain, umumnya nama domain tersebut akan memiliki masa aktif dan juga masa kadaluarsa atau expired. Masa aktif minimum suatu domain umumnya adalah satu tahun. Namun bisa juga lebih, sesuai dengan masa pembelian yang Anda lakukan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek domain expired atau belum.

Ketika domain yang Anda miliki sudah habis masa aktifnya, maka domain tersebut tidak akan bisa lagi diakses di internet. Untuk bisa menggunakan kembali nama domain tersebut, maka Anda perlu memperpanjang nama domain tersebut di provider tempat Anda menyewanya, dengan membayar biaya renewal domain.

Cara Cek Domain Expired Atau Belum

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk mengecek apakah sebuah domain sudah expired atau belum. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengecek apakah sebuah domain akan expired atau belum.

1. Akses Website dengan Nama Domain Tersebut

Salah satu cara yang terbilang sangat mudah dilakukan untuk mengecek apakah suatu domain sudah kadaluarsa atau belum, adalah dengan mengakses nama domain tersebut. Anda bisa mengunjungi situs nama domain yang bersangkutan tersebut dari browser yang Anda miliki. Misalnya saja Google Chrome, Firefox, dan lain sebagainya.

Kalau domain yang Anda tuju tersebut masih bisa diakses, maka bisa diambil kesimpulan bahwa domain tersebut masih belum expired. Sebab untuk website dengan domain-domain yang sudah expired, tidak akan bisa diakses. Biasanya akan muncul pemberitahuan di situs tersebut untuk menghubungi pihak provider, agar bisa dilakukan renewal domain Anda.

2. Melalui Member Area Tempat Anda Registrasi Domain

Ketika membeli domain di provider resmi, umumnya Anda akan diminta untuk membuat akun member sehingga proses pendaftaran domain bisa lebih aman dan nyaman. Maka dari itu, cara cek domain expired atau belum juga bisa dilakukan lewat menu member area yang ada di situs tempat Anda membeli layanan domain.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu login ke dalam akun member dan kemudian mengecek status domain yang Anda miliki. Mengingat bahwa setiap provider memiliki tampilan dan pilihan menu yang berbeda-beda di member area, maka silakan Anda bisa mengulik fitur-fitur dan menunya secara mandiri untuk bisa mengecek masa aktif domain yang Anda miliki.

3. Cek Domain Expired atau Belum Melalui  Whois Domain Tools

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah suatu domain sudah expired ataukah belum, adalah lewat platform Whois Domain Tools. Platform ini memang secara khusus digunakan untuk bisa mengecek data-data domain dan website yang sudah diregistrasi ke internet. Kalau tidak diproteksi, maka Anda bisa melihat data diri registrant.

Untuk melakukan pengecekan domain sudah expired atau belum, silakan Anda bisa langsung kunjungi situs Whois Domain di whois.domaintools.com dari browser yang ada di perangkat Anda. Setelah terbuka, maka silakan Anda bisa masukkan nama domain yang akan dicek pada kolom yang sudah disediakan.

Baca Juga:   Whois Domain Tools: Alat Pengecek Data Pemilik Domain

Setelah itu, Anda hanya perlu klik Captcha dan kemudian klik Go untuk melanjutkan proses pengecekan. Setelah proses pengecekan tersebut, Anda bisa melihat beberapa data penting terkait dengan domain. Seperti kapan pertama kali domain tersebut didaftarkan, kapan dilakukan update, dan juga masa expired yang dimiliki domain tersebut.

Demikianlah beberapa cara cek domain expired atau belum yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya ulasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mengecek masa aktif suatu nama domain website.

Tinggalkan Komentar

Iklan