Seputar.CO.ID – Dalam mengelola sebuah website, tentulah harus didasari dengan pondasi yang penting, sehingga terbangunnya website yang dapat dijangkau oleh publik. Tanpa domain dan hosting, website Anda tidak bisa diakses oleh publik. Oleh karena itu, Anda harus memahami dan mempelajari apa itu domain dan hosting, agar website Anda diluncurkan dan bisa ditemukan oleh publik. Mau tau penjelasannya? Berikut ulasannya di bawah.

Apa itu Domain dan Hosting, Untuk Kategori Domain?

Kurang afdol rasanya jika Anda belum memahami apa itu domain dan hosting saat ingin membuat website. Domain atau nama domain adalah nama unik untuk melakukan identifikasi nama server komputer, seperti website ataupun surel alias surat elektronik.

Dengan adanya nama domain, maka website Anda dapat diakses oleh publik yang ingin mengunjungi. Untuk mendapatkan sebuah domain, Anda harus membelinya. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan dalam pembeliannya, antara lain:

1.    Menentukan Nama Domain

Untuk mendapatkan nama domain yang pertama, yaitu  Anda harus menentukan nama domain yang akan Anda gunakan di laman website Anda. Jika nama domain yang Anda gunakan sudah dibeli oleh orang lain, maka tidak akan bisa dipergunakan lagi.

2.    Melakukan Cek Domain sebelum Membeli

Melakukan cek domain sebelum membeli sangatlah penting. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam memilih domain yang sudah dimiliki oleh orang lain. Anda bisa melakukan cek domain di situs whois.com untuk melihat ketersediaan nama domain.

3.    Memilih Ekstensi Domain

Langkah terakhir yaitu Anda harus memilih ekstensi domain yang akan digunakan. Setelah Anda mengetahui nama dan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan, maka Anda bisa segera membelinya, sebelum dibeli oleh orang lain. Sekarang mungkin Anda sudah memahami mengenai apa itu domain dan hosting, untuk kategori domain. Sementaramengenai apa itu hosting baru akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga:   Harga VPS Murah Di Indonesia, Berapa Kisarannya?

Apa itu Hosting?

Dalam membuat website, kita perlu menemukan lahannya terlebih dahulu. Hosting sendiri merupakan tempat untuk menaruh semua data-data yang ada pada website Anda. Seperti yang bisa Anda lihat pada website lainnya, terdapat data postingan konten berupa file, video, foto, teks, ataupun data lainnya.

Dengan hosting maka data pada website dapat ditampilkan. Kurang lengkap rasanya jika membahas apa itu domain dan hosting, namun Anda belum tahu mengenai jenis hosting. Karena itu, akan dijelaskan mengenai hal itu, dalam pembahasan di bawah ini. Diantaranya :

1.    Shared Hosting

Shared Hosting merupakan jenis hosting yang dapat dibagi-bagi ke beberapa klien. Biaya hosting jenis ini relatif murah, sebab dapat dibagi-bagi. Jenis hosting ini memang banyak dijumpai, dan digunakan oleh para pemilik website.

Baca Juga:   Beberapa Kelebihan dan Kekurangan VPS, Webmaster Wajib Tahu

2.    Dedicated Hosting

Berbanding terbalik dengan Shared Hosting, Dedicated Hosting merupakan jenis hosting yang dapat dipakai oleh satu klien saja. Jenis ini merupakan ruang penyimpanan yang hanya dikhususkan untuk satu orang.

3.    Cloud Hosting

Jenis hosting yang ketiga dinamakan Cloud Hosting .  Khusus untuk hosting dengan jenis ini dikenal memiliki prinsip penyimpanan website di beberapa server virtual. Sehingga jarang mengalami kendala/down.

4.    VPS Hosting

VPS Hosting merupakan jenis hosting yang berada di tengah, yaitu antara Shared Hosting  dan Dedicated Hosting. Dengan ini, Anda dapat mengatur pembagian sumber daya yang ada. Jenis VPS dapat disesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu domain dan hosting yang bisa Anda pelajari. Setelah membaca artikel kali ini, semoga Anda bisa membangun website yang berkualitas dengan pemilihan domain dan hosting sebagai salah satu komponen penting.

Tinggalkan Komentar

Iklan