Seputar.CO.ID – Shared hosting adalah sebuah layanan dari web hosting yang dapat menempatkan beberapa website dengan server fisik yang sama. Sehingga layanan tersebut bisa digunakan oleh beberapa orang secara bersama-sama. Namun, pastinya ada kelebihan dan kekurangan hosting. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan berikut hingga selesai!

Kelebihan dan Kekurangan Hosting

Jika Anda ingin tahu mengenai kelebihan dan kekurangan hosting, di bawah ini akan dijelaskan beberapa diantaranya.

1. Kelebihan Hosting

Hosting kini banyak digunakan oleh pengguna website, tentunya karena hosting ini memiliki banyak kelebihannya. Diantaranya :

  1. Harga Hosting Murah

Layanan hosting dibandingkan dengan layanan yang lainnya termasuk relatif lebih murah. Sehingga, hosting sering di rekomendasikan untuk pengguna website baru.

  1. Hosting Memiliki Maintenance Lebih Mudah

Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengelola website, karena hal tersebut sudah dikelola oleh jasa web hosting. Sehingga Anda berkemungkinan besar untuk tidak direpotkan oleh permasalahan server.

  1. Mudah Digunakan
Baca Juga:   Daftar Layanan Penyedia Hosting VPS Indonesia Terbaik

Dimana server sudah dikelola oleh jasa penyedia web hosting. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mempelajari dan mengurusi hal tersebut. Anda cukup fokus mengelola website yang Anda miliki. Berbeda jika pengunjung website Anda sudah banyak atau sudah bisa menghasilkan traffic tinggi, maka Anda harus memikirkan kembali untuk melakukan upgrade layanan hosting.

  1. Bisa Digunakan untuk Blog ataupun Website Bisnis

Jika Anda baru terjun di dunia blog dan website, maka Anda harus mencoba layanan hosting. Karena hal ini akan membantu Anda dalam bidang marketing. Mudah, tidak perlu repot, dan murah, sehingga sangat cocok bagi blogger atau pengguna website baru.

  1. Akses ke Control Panel

Keuntungan selanjutnya adalah Anda akan diberikan akses control panel. Dengan akses ini, Anda dapat memanfaatkan banyak fitur yang telah disediakan. Beberapa fitur tersebut diantaranya ialah Install CMS, pengelolaan email, serta upload file.

Baca Juga:   3 VPS Windows Gratis Terbaik untuk Menjalankan Website

2. Kekurangan Hosting

Selain kelebihan, tentunya akan ada kekurangannya. Seperti yang ada pada penggunaan hosting ini. Adapun kekurangan dari hosting ini diantaranya :

  1. Kontrol server Terbatas

Karena server dikelola oleh provider atau penyedia jasa hosting, maka Anda tidak dapat bebas untuk mengakses server. Keterbatasan akses tersebut dapat membuat kontrol Anda ke server tidak leluasa.

Selain itu, ketika pengguna layanan hosting yang lainnya memiliki traffic yang tinggi atau pengunjung website yang banyak, maka hal tersebut akan berdampak kepada melambatnya akses website yang Anda miliki.

  1. Keamanan Kurang Terjamin

Sistem pemakaian shared hosting yaitu bisa digunakan secara bersamaan oleh pengguna lain. Sehingga bisa saja terjadi penyalahgunaan akses fitur lain. Hal tersebut bisa berpengaruh kepada server dan keamanannya.

  1. Adanya Potensi Crash

Crash dapat terjadi apabila banyak pengguna yang menggunakan layanan ini secara bersamaan dalam satu server. Jika hal tersebut terjadi, maka server akan mengalami overload, dan kemudian crash. Sehingga bisa memperlambat kinerja website Anda.

  1. Pemakaian Aplikasi Lain Terbatas
Baca Juga:   Inilah Cara Cek Nama Domain yang Mudah, Sebelum Membeli

Apabila Anda memakai jasa shared hosting, maka pemakaian software atau aplikasi lain akan terbatasi, serta tidak bisa dijalankan dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi yang bisa Anda jalankan hanyalah aplikasi yang sudah ditawarkan oleh provider hosting tersebut.

Jadi, pemakaian layanan hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin kelebihan dan kekurangan hosting yang sudah dipaparkan dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin memakai layanan tersebut. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda!

Tinggalkan Komentar

Iklan